Uji kadar Mikroplastik pada air dan ikan di perairan sungai Desa Pabean, Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bahri, Dila Armilia (2022) Uji kadar Mikroplastik pada air dan ikan di perairan sungai Desa Pabean, Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dila Armilia Bahri_H71217028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mikroplastik adalah partikel plastik yang berasal dari sampah plastik hasil degradasi di alam dengan ukuran ≤ 5 mm yang dapat menimbulkan kerusakan pada lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar kelimpahan, bentuk, dan warna mikroplastik pada air dan ikan perairan sungai Desa Pabean, Kabupaten Sumenep pada 4 stasiun/titik. Metodenya, meliputi: pengambilan sampel, uji parameter air, uji kelimpahan dan pengamatan mikroplastik. Kadar kelimpahan mikroplastik yang tertinggi di pagi hari terletak pada stasiun II sebesar 42.5 partikel/l dan sore hari yang tertinggi pada stasiun I sebesar 30 partikel/l. Sedangkan, kadar kelimpahan mikroplastik pada ikan sungai yang tertinggi terletak pada stasiun II sebanyak 24 partikel dan terendah terletak pada stasiun I dan IV masing-masing sebanyak 7 partikel. Bentuk mikroplastik perairan dengan jumlah angka tertinggi di pagi hari adalah mikroplastik bertipe fiber sebanyak 30 partikel dan jumlah angka tertinggi di sore hari adalah fiber sebanyak 21 partikel.Selain itu,bentuk mikroplastik yang berada di saluran pencernaan ikan dengan jumlah angka tertinggi dan terendah adalah mikroplastik bertipe fiber sebanyak 28 partikel, dan film sebanyak 2 partikel. Total warna mikroplastik pada air sungai yang lebih dominan adalah hitam sebanyak 65 partikel, sedangkan warna mikroplastik pada ikan yang lebih dominan adalah hitam sebanyak 39 partikel

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bahri, Dila Armiliadilabahri94@gmail.comH71217028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorTyastirin, Estiesty50@gmail.com2024068702
Subjects: Biologi
Lingkungan Hidup
Ekologi
Keywords: Kelimpahan; tipe bentuk; warna; dan parameter fisik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Dila Armilia Bahri
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:22
Last Modified: 19 Apr 2022 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52882

Actions (login required)

View Item View Item