Terapi sufistik pada kaum urban di Pondok Pesantren Jagad 'Alimussirry Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Waro', Miftahul Alam (2022) Terapi sufistik pada kaum urban di Pondok Pesantren Jagad 'Alimussirry Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahul Alam Al Waro'_E97218076.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Terapi Sufistik pada Kaum di Pondok Pesantren Jagad ‘Alimussirry. Problem akademik penelitian ini dirumuskan pada pertanyaan: 1) Apa saja permasalahan yang dialami kaum urban di Pondok Pesantren Jagad ‘Alimussirry. 2) Bagaimana terapi sufisktik yang diberikan kepada kaum urban di Pondok Pesantren Jagad ‘Alimussirry Surabaya. Tujuan dari penelitiain ini yaitu untuk mengetahui permasalahan kaum urban dan terapi sufistik yang ada di Pondok Pesantren Jagad ‘Alimussirry. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu yang pertama mengenai permasalahan kaum urban di Pondok Pesantren Jagad ‘Alimussirry antara lain: permasalahan mengikuti gaya hidup perkotaan, ekonomi, status sosial, kecemasan ketika keinginan tidak tercapai, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, rumah tangga, hidup bertetangga (bermasyarakat/berkomunikasi), kesehatan. Kemudian peneliti juga menemukan berbagai terapi sufistik yang diberikan sang Kiai di antaranya yaitu: terapi taubat, terapi sholat (jama’ah dan berbagai sholat sunnah), terapi baca al-qur’an, terapi dzikir, terapi zakat dan shodaqah, terapi asma’i atau doa, terapi motivasi ceramah dan diskusi, terapi ruqyah, terapi berkunjung ke ziarah orang shalih, terapi perhitungan nama, terapi perhitungan weton, terapi tafakkur alam. Impelentasi terapi sufistik yang diberikan kiai kepada pasien biasanya berbeda-beda, terapinya sesuai dengan petunjuk dari kiai yang sesuai dengan kondisi pasien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Waro', Miftahul Alammilamalwaro@gmail.comE97218076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Pendidikan > Pesantren
Tasawuf
Terapi
Keywords: Terapi sufistik; kaum urban; Pondok Pesantren Jagad ‘Alimussirry
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miftahul Alam Al Waro'
Date Deposited: 24 Apr 2022 22:43
Last Modified: 24 Apr 2022 22:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52909

Actions (login required)

View Item View Item