Eksistensi budaya Rokat Tase’ pada masa Pandemi Covid-19 di Desa Lobuk Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamilia, Fitri (2022) Eksistensi budaya Rokat Tase’ pada masa Pandemi Covid-19 di Desa Lobuk Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitria Kamilia_I03218008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang digali dalam penelitian ini adalah menganalisa bagaimana pelaksanaan Rokat Tase’ di Desa Lobuk Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Selain itu skripsi ini juga menggali tentang bagaimana eksistensi Rokat Tase’ pada masa pandemi covid-19 di Desa Lobuk Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis fenomena ini ialah teori Continuity and Changes milik John Obert Voll. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) masyarakat nelayan telah melaksanakan Rokat Tase’ sejak dahulu, yaitu sejak zaman nenek moyang mereka dan terus dilanjutkan hingga saat ini. Hal ini dilakukan guna menghormati para sesepuh. Di desa Lobuk budaya ini dilaksanakan setahun dua kali dan selalu dilaksanakan secara meriah dengan penuh hiburan didalamnya. (2) semenjak merebaknya virus covid-19 di Indonesia, pelaksanaan Rokat Tase’ yang biasanya selalu dilaksanakan secara meriah ini kemudian hanya dilaksanakan secara sederhana dan hanya diikuti oleh masyarakat nelayan dan sesepuh di Desa Lobuk, hal ini dilakukansesuai dengan peraturan untuk membatasi kegiatan masyarakat serta untuk meminimalisir angka penyebaran virus covid-19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamilia, Fitrifitrikamiliakl@gmail.comI03218008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nursama@yahoo.com2007055801
Subjects: Budaya
Keywords: Budaya; Rokat Tase’; Covid-19.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Fitri Kamilia
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:34
Last Modified: 21 Apr 2022 12:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52939

Actions (login required)

View Item View Item