Upaya guru dalam meningkatkan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah: studi kasus di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Noor Musholla Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roni, Mohammad (2022) Upaya guru dalam meningkatkan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah: studi kasus di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Noor Musholla Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Roni_D07218016.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peristiwa yang menggambarkan bahwa lemahnya kualitas akhlak generasi muda bangsa tidak terkecuali pada siswa madrasah ibtidaiyah, dibuktikan dengan masih banyaknya kasus tawuran antar remaja, kasus bullying di sekolah, perilaku yang kurang baik dari siswa terhadap guru, masyarakat, bahkan terhadap lingkungan hidupanya. Hal ini menjadikan permasalahan akhlak generasi muda bangsa sebagai permasalahan penting yang harus segera diselesaikan.Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah pertama, bagaimana akhlak siswa kelas IV MI Noor Musholla Surabaya?, kedua, bagaimana upaya guru dalam peningkatan akhlak siswa kelas IV MI Noor Musholla Surabaya?, ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan akhlak siswa kelas IV MI Noor Musholla Surabaya?.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana data akan dipaparkan secara deskriptif sesuai dengan keadaan objektif di MI Noor Musholla Surabaya. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasu waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas akhlak siswa kelas IV MI Noor Musholla Surabaya masih lemah dalam beberapa aspek seperti akhlak kepada guru, kepada teman, kepada lingkungan dan lain sebagainya. Akan tetapi berkat upaya yang dilakukan seperti memberi teladan, memberi nasehat, memberi kasih sayang, membiasakan yang dilakukan oleh dewan guru khususnya guru kelas IV MI Noor Musholla Surabaya sepertuntuk meningkatkan akhlak siswa sehingga terdapat peningkatan akhlak yang dimiliki oleh siswa. Upaya yang dilakukan dalam meningatkan akhlak siswa kelas IV MI Noor Musholla Surabaya juga didukung oleh beberapa faktor seperti dukungan dari sesama guru untuk sama-sama melakukan peningkatan akhlak, faktor lingkugan keluarga dan juga pengaruh baik dari teman sebaya, akan tetapi selain pendukung juga terdapat faktor yang menghambat guru dalam meningkatkan akhlak siswa kelas IV MI Noor Musholla Surabaya seperti faktor dari anak itu sendiri yang belum dapat mengontrol jiwa emosionalnya, juga terdapat sebagian lingkungan keluarga siswa yang kurang baik yang berperngaruh terhdap siswa tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roni, Mohammadmohammadroni251@gmial.comD07218016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas'ud, Sulthon-2073091001
Subjects: Akhlak
Guru
Keywords: upaya guru; akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohammad Roni
Date Deposited: 25 Apr 2022 00:16
Last Modified: 25 Apr 2022 00:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52963

Actions (login required)

View Item View Item