Pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap ketaatan menjalankan tata tertib siswa MIN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfayati, Zahrotul Aliyah (2022) Pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap ketaatan menjalankan tata tertib siswa MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrotul Aliyah Ulfayati_D97218113.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Rumusan masalah yang peneliti ajukan yakni: (1) Bagaimana pembelajaran akidah akhlak di MIN 1 Kota Surabaya? (2) Bagaimana tingkat ketaatan siswa menjalankan tata tertib? (3) Apakah ada pengaruh pembelajaran akidah akhlak dengan ketaatan siswa menjalankan tata tertib? Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan ada pengaruh atau tidak pembelajaran akidah akhlak terhadap ketaatan menjalankan tata tertib siswa. Penelitian ini menggunakan metode yakni kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruhnya siswa kelas V MIN 1 Kota Surabaya yang berjumlah 6 rombel kelas dengan 199 siswa. Teknik sampel yang diambil apabila subjek lebih dari 100 maka dapat diambil 10%, 15% dan seterusnya. Sampel yang 15% dari populasi yakni berjumlah 30 siswa. teknik pengumpulan data yakni menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni: (1) analisis Deskriptif (2) Uji Normalitas (kolmogorov smirnov) (3) uji hipotesis (regresi linier sederhana). Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pembelajaran akidah akhlak kelas V MIN 1 Kota Surabaya sudah sesuai dengan tujuan dan ruang lingkup akidah akhlak yang tertulis di KMA No.183 tahun 2019 maka melalui penyebaran angket memiliki kategori cukup baik terbukti hasil responden siswa terdapat frekuensi 191 dimana hasil perhitungan prosentase diperoleh 63%. (2) tingkat ketaatan menjalankan tata tertib siswa kelas V MIN 1 Kota Surabaya memiliki kategori cukup baik dengan frekuensi 194 dimana hasil perhitungan prosentase diperoleh sebesar 64%. (3) terdapat pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap ketaatan menjalankan tata tertib siswa kelas V MIN 1 Kota Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana yang didapatkan Asymp.Sig = 0,000 (0,000 > 0,05) dan Adjusted R Square sebesar 0,538 apabila diprosentasekan sebesar 53,8%. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfayati, Zahrotul Aliyahaliyazhrt03@gmail.comD97218113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com2015107003
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran akidah akhlak; ketaatan siswa; tata tertib
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: zahrotul aliyah ulfayati
Date Deposited: 25 Apr 2022 21:38
Last Modified: 25 Apr 2022 21:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52993

Actions (login required)

View Item View Item