Analisis nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar pendidikan agama islam di tingkat sekolah menengah pertama terbitan kemendikbud tahun 2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Thohirotun (2022) Analisis nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar pendidikan agama islam di tingkat sekolah menengah pertama terbitan kemendikbud tahun 2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Thohirotun Nisa'_D91218160.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara besar dimana memiliki kemajemukan dalam berbagai aspek seperti agama, budaya, adat, ras, hingga suku. Kemajemukan ini membuat tingkat pluralitas dalam masyarakat tinggi. Dengan penelitian ini diharapkan sikap moderasi beragama khususnya di kalangan pelajar sekolah dapat diaplikasikan dalam tabiat diri. Pendidikan Agama Islam merupakan upaya dengan kesadaran penuh untuk meyakini ajaran Islam melalui berbagai kegiatan pendidikan seperti mempercayai dengan sepenuh hati ajaran Islam, menghormati hubungan antar umat beragama yang harmonis di tatanan kehidupan. Banyak maslahat yang bisa diperoleh dari penelitian ini baik secara teoritis, maupun secara praktik. Tulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) yang bersumber dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian yang dilakukan pada buku ajar ini ialah ditemukannya nilai-nilai moderasi beragama yang tersebar di seluruh materi pokok. Adapun materi/isi dalam buku ajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti tingkat SMP yang diterbitkan oleh Kemendikbud Tahun 2017 telah mengacu pada Permendikbud RI Nomor 21 Tahun 2016 mengenai Standar Isi pada Lembaga Pendidikan Dasar hingga Menengah. Secara keseluruhan materi dalam buku ajar PAI dan BP sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan menggunakan kurikulum 2013.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Thohirotunthohirotunnisa895@gmail.comD91218160
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Buku > Buku Pelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Nilai, moderasi beragama; pendidikan agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thohirotun Nisa'
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:57
Last Modified: 27 Apr 2022 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53113

Actions (login required)

View Item View Item