Analisis kualitas soal olimpiade matematika (OLMAT) UINSA tingkat MTs mengacu pada taksonomi bloom dua dimensi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Iffah (2022) Analisis kualitas soal olimpiade matematika (OLMAT) UINSA tingkat MTs mengacu pada taksonomi bloom dua dimensi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iffah Hidayati_D04216014.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Melihat soal yang digunakan pada Programe for International Student Assessment (PISA) atau Trends International Mathematics Science Study (TIMSS) yang merupakan survei atau penelitian di dunia untuk melihat kualitassuatu pendidikan, soal yang digunakan merupakan soal yang menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi. Soal yang menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi biasanya terdapat pada level C4 – C6 Taksonomi Bloom Dua Dimensi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkatan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan Taksonomi Bloom Dua Dimensi untuk melihat kualitas soal Olimpiade Matematika (OLMAT) UINSA Tingkat MTs Tahun 2019 pada babak penyisihan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yakni mempelajari data yang berkaitan dengan fokus penelitian. Dalam penelitian ini data penelitian didapat dari panitia OLMAT UINSA tahun 2019 berupa soal olimpiade tingkat MTs pada babak penyisihan berjumlah 40 soal yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian, jawaban peserta, dan kunci jawaban soal olimpiade. Hasil data yang diperoleh tersebut dianalisis mengunakan analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa persentasedimensi proses kognitif soal OLMAT sebesar 5% C2 (memahami), 72,5%, C3 (mengaplikasikan), 7,5% C4 (menganalisis), 5% C5 (mengevaluasi), dan 10% C6 (mencipta). Persentase dimensi pengetahuan soal OLMAT diperoleh bahwa sebesar 2,5% pengetahuan konseptual, 90% pengetahuan prosedural, dan 7,5% pengetahuan metakognitif. Sedangkan hasil analisis lanjutan memperoleh hasil bahwa tingkat kesukaran soal yakni 4 butir soal dalam kategori sedang dan 36 soal dalam kategori sulit, daya pembeda yakni 2 butir soal sangat memuaskan dan 8 butir soal memuaskan dannilai reliabilitasnya adalah 0,608 pada soal pilihan ganda dan 0,479 pada soal uraian yang berarti reliabilitas soal OLMAT dapat dikatakan cukup baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Iffahiffahhidayati98@gmail.comD04216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.com2026098302
Subjects: Kecerdasan
Matematika
Pendidikan > Tes Belajar
Keywords: Analisis kualitas; soal olimpiade tingkat MTs; taksonomi bloom dua dimensi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iffah Hidayati
Date Deposited: 27 Apr 2022 07:06
Last Modified: 27 Apr 2022 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53128

Actions (login required)

View Item View Item