Peran guru dalam mensukseskan pembelajaran daring berbasis e-learning pada masa Pandemi Covid-19 di Kelas V MIN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Sayyidah Nafi’atul (2021) Peran guru dalam mensukseskan pembelajaran daring berbasis e-learning pada masa Pandemi Covid-19 di Kelas V MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sayyidah Nafi’atul Izzah_D07217029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti,dalam pembelajaran yang diterapkan di MIN 1 Kota Surabaya. Guru membangun kenyamanan dalam pembelajaran e-learning ini dengan menerapakan media e-learning . Guru menggunakan media pembelajaran yang telah di fasilitasi oleh Kemenag yaitu e-learning. Pada masa Pandemi Covid-19 seperti ini, tentu ketika proses pembelajaran terdapat kendala sehingga diperlukannya peran seorang guru dalam menyukseskan pembelajaran e-learning untuk senantiasa membimbing dan mendampingi selama pembelajaran berlangsung guna memudahkan dalam pemahamana materi. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk menggali lebih dalam permasalahan sebagaimana dengan judul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mensukseskan pembelajaran daring berbasis e-learning pada masa pandemi Covid-19, mengetahui kendala dalam mensukseskan pembelajaran daring berbasis e-learning pada masa Pandemi Covid-19 di kelas V MIN 1 Kota Surabaya, dan mengetahui cara mengatasi kendala dalam mensukseskan pembelajaran daring berbasis e-learning di kelas V MIN 1 Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpukan data berupa observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yang mana data diperoleh dari hasil observasi kemudian dicek dari hasil wawancara kemudian dokumentasi. Sedangkan tahapan penyajian data yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berdasarkan fokus penelitian yang pertama menunjukkan bahwa: (1) Peran guru dalam menyukseskan pembelajaran daring berbasis e-learning pada masa pandemi Covid-19 di kelas V MIN 1 Kota Surabaya sudah berjalan namun belum keseluruhan diterapkan dengan baik. Sehingga peran guru di kelas V MIN 1 Kota Surabaya belum memaksimalkan dalam menerapkan perannya sebagai fasilitator untuk kesuksesan pembelajaran elearning (2) kendala dalam mensukseskan pembelajaran e-learning antara lain, jaringan internet seperti kesulitan dalam mendapatkan sinyal, jaringan e-learning eror, terbatasnya kuota internet, kurangnya antusiasme dan pemahaman peserta didik, kurangnya pendampingan dari orang tua (3) Cara mengatasinya antara lain: sekolah memfasilatasi wifi bagi peserta didik yang mengalami kendala dan memberikan bantuan kuota intenet,memaksimalkan antusiasme peserta didik dalam penggunaan media belajaran yang lebih menarik, tidak monoton dan tidak membosankan, dan peserta didik dapat mengikuti bimbingan belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Sayyidah Nafi’atulsayyidahnafiatul12@gmail.comD07217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Peran guru; E-learning; Pandemi Covid-19
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2022 03:08
Last Modified: 28 Apr 2022 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53152

Actions (login required)

View Item View Item