Analisis fiqih Siyasah Dusturiyah terhadap Implementasi Undang-Undang No. 8 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah di KBIH Al-Ikhlas Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makhzunah, Novi (2022) Analisis fiqih Siyasah Dusturiyah terhadap Implementasi Undang-Undang No. 8 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah di KBIH Al-Ikhlas Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Makhzunah_C94218097.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu sosiological jurisprudence dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer yang diperoleh dari wawancara di KBIH serta sumber data sekunder yang diperoleh dari jurnal atau artikel yang berhubungan dengan topik peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis data secara kualitatif, kemudian dilakukan penyusunan dalam penulisan yang sistematis.Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa KBIH Al-Ikhlas telah memberikan pelayanan yang terbaik yang sudah sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2019 tetapi belum ada aturan yang mengatur mengenai regulasi hukum untuk mengakomodir dan melindungi calon jemaah haji yang sedang berada dalam masa tunggu pemberangkatan ibadah haji atau waiting list khususnya KBIH Al-Ikhlas dan secara analisis hal ini sesuai dengan siyasah tasri’iyah yang membahas mengenai peraturan perundang- undangan. Untuk itu kepala negara atau Khalifah berhak membuat kebijakan untuk memberikan perlindungan hukum bagi calon Jemaah haji selama waiting list. Dengan demikian diharapkan kepada pemerintah untuk mengakomodir dan membuat peraturan lebih jelas terkait perlindungan hukum, hak dan kewajiban calon jemaah haji selama berada di waiting list.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makhzunah, Novic94218097@uinsby.ac.idC94218097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYasin, Achmadachmadyasin650@gmail.com2027076702
Subjects: Fikih
Hukum Islam
Haji
Keywords: Haji; KBIH; siyasah dusturiyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Novi Makhzunnah
Date Deposited: 19 May 2022 07:01
Last Modified: 19 May 2022 07:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53337

Actions (login required)

View Item View Item