Konstruksi nilai-nilai Islam moderat melalui pendidikan profetik dan relevansi terhadap pendidikan Islam era modern perspektif buku dari Rasulullah untuk pendidik karangan Mhd Rois al Maududy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholil, Muhammad Rizal Hakim al (2022) Konstruksi nilai-nilai Islam moderat melalui pendidikan profetik dan relevansi terhadap pendidikan Islam era modern perspektif buku dari Rasulullah untuk pendidik karangan Mhd Rois al Maududy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rizal Hakim al Cholil_D91216068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tawassut (moderat) selalu mengutamakan perdamaian dan menolak kekerasan atau meninggalkan perilaku ekstrimis dengan cara memililih kearah jalan tengan serta mempertimbangkan pandangan pihak lain. Islam merupakan agama yang menjunjung tinggi toleransi serta Islam adalah agama yang bersifat moderat yakni adil dan memilih jalan tengah, tidak ekstrim kanan maupun ektrim kiri. Moderat juga merupakan sikap yang dimiliki oleh nabi Muhammad SAW, bahkan pendidikan profetik juga mengajarkan tentang perilaku moderat dalam berhubungan dengan sesama insan. Pendidikan profetik tidak terlepas dari misi nabi Muhammad sebagai utusan Allah untuk memperbaiki akhlak manusia serta karakter manusia. Selain itu misi penting kependidikan nabi Muhammad ialah menanamkan akidah tauhid yang benar, membentuk manusia yang memiliki kualitas seimbang antara iman, amal , dan ilmu. sehingga hubungan vertikal (habluminalla) dan hubungan horizontal (habluminannas) bisa terwujudkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk nilai-nilai Islam moderat melalui pendidikan profetik dan relevansi tehadap pendidikan Islam era modern perspektif buku dari Rasulullah untuk pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif non interaktif, jadi mencari sumber datanya dengan cara mengumpulkan sumber-sumber kepustakaan bukan dengan cara interview kepada objek penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholil, Muhammad Rizal Hakim alrizalhakimmuhammad8@gmail.comD91216068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorFuad, Ah.Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Subjects: Islam > Islam, Pembaharuan
Pendidikan
Perilaku
Keywords: Nilai-nilai Islam moderat; pendidikan profetik; pendidikan Islam era modern perspektif buku dari Rasulullah untuk pendidik karangan Mhd Rois al Maududy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Rizal Hakim Al Cholil
Date Deposited: 30 May 2022 03:19
Last Modified: 30 May 2022 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53421

Actions (login required)

View Item View Item