Sejarah Islamisasi di Desa Klotok Plumpang Tuban melalui seni Tembang Tombo Ati Sunan Bonang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Lailatus (2023) Sejarah Islamisasi di Desa Klotok Plumpang Tuban melalui seni Tembang Tombo Ati Sunan Bonang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatus Sa'adah_A72219054 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai “Sejarah Islamisasi di Desa Klotok Plumpang Tuban Melalui Seni Tembang Tombo Ati Sunan Bonang” dengan permasalahan yang dibahas yaitu: (1) Bagaimana sejarah Desa Klotok Plumpang Tuban? (2) Bagaimana sejarah Islamisasi di Desa Klotok? (3) Bagaimana respon masyarakat terhadap penyebaran Islam melalui seni tembang tombo ati Sunan Bonang? Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri meliputi tahap heuristik atau pengumpulan data, verifikasi atau kritik, interpretasi atau penafsiran dan historiografi atau penulisan sejarah. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori Islamisasi dengan menggunakan pendekatan sejarah sosial yang mampu memudahkan penulis dalam melihat bagaimana telah terjadi perubahan masyarakat atau organisasi pada saat ini, serta penulis berusaha untuk menulis sejarah yang lebih jelas terkait hubungan sosial. Kesimpulan dari hasil penelitian skripsi ini bahwa: (1) penyebutan nama Desa Klotok mulai dilakukan pada 22 September 1851 Masehi yang dipelopori oleh Kiai Ali Mahmud Wijaya. (2) Proses Islamisasi Desa Klotok bersamaan dengan perintisan nama Desa Klotok oleh Ali Mahmud Wijaya yang menggunakan kesenian tembang tombo ati. (3) Sikap masyarakat Desa Klotok terhadap kesenian tembang tombo ati terbagi menjadi 2 yaitu antara mendukung dan menolak. Namun mayoritas masyarakat mendukung metode dakwah ini dengan tombo ati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Lailatuselasaadah8@gmail.comA72219054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Islamisasi; tombo ati; Klotok
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:06
Last Modified: 24 Feb 2023 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53448

Actions (login required)

View Item View Item