Pengaruh Religious Culture terhadap kinerja guru di SD Muhammadiyah 1 Wringinanom Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isthi'Anah, Nurul (2022) Pengaruh Religious Culture terhadap kinerja guru di SD Muhammadiyah 1 Wringinanom Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Isthi'Anah_D73218062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh religious culture terhadap kinerja guru di SD Muhammadiyah 1 Wringinanom gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel, yakni variabel religious culture (X) dan variabel kinerja guru (Y). Objek penelitian ini adalah SD Muhammadiyah 1 Wringinanom Gresik dengan jumlah responden penelitian sebanyak 19 orang guru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala likert. Setelah angket terkumpul, peneliti melakukan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan rumus alpha cronbach. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, dimana sebelum melakukan analisis peneliti melakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji linieritas. Peneliti dalam melakukan analisis data dibantu dengan Aplikasi SPSS 16 for windows. Setelah dilakukan analisis, diperoleh hasil bahwa religious culture memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru sebesar 57%. Melalui uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan rumus Y= 23,614+0,782X, berdasarkan rumusan tersebut apabila terdapat kenaikan pada variabel religious culture akan menyebabkan naiknya variabel kinerja guru dan sebaliknya apabila religious culture menurun, maka kinerja guru akan ikut menurun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isthi'Anah, Nurulanahnurul3@gmail.comD73218062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinsby.ac.id2012016701
Subjects: Budaya Islam
Guru
Keywords: Religious culture; kinerja guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurul Isthi'Anah
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:11
Last Modified: 08 Jun 2022 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53478

Actions (login required)

View Item View Item