Analisis Toxic Relationship dalam Pacaran dan Relevansinya dengan pola perilaku sosial mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inayah, Nur (2022) Analisis Toxic Relationship dalam Pacaran dan Relevansinya dengan pola perilaku sosial mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Inayah_I73218046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada mahasiswa yang terjerat toxic dalam pacaran. Empat pokok permasalahan yang dikaji, yakni: Bagaimana bentuk toxic relationship dalam pacaran yang terjadi di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, mengapa terjadi tindakan toxic relationship dalam pacaran di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, bagaimana dampak yang ditimbulkan dengan adanya tindakan toxic relationship dalam pacaran di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, dan bagaimana relevansi toxic relationship dalam pacaran dengan perilaku sosial pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini digunakan untuk menggalih dan mengkaji pengalaman mahasiswa yang memiliki hubungan toxic dalam pacaran, sehingga dapat mengungkap alasan mereka bertindak di lingkungannya. Peneliti menggunakan teori pertukaran sosial G.C. Homans serta teori tindakan sosial Max Weber sebagai pisau analisisnya. Peneliti menemukan, bahwa berlangsungnya perilaku toxic relationship dalam pacaran di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya mewujud menjadi empat bentuk kekerasan, yakni kekerasan fisik, kekerasan seksual, kekerasan finansial dan kekerasan emosional. Ada dua jenis faktor yang menyebabkan terjadinya toxic relationship di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, yakni faktor dari dalam individu dan faktor lingkungan. Dampak yang ditimbulkan akibat toxic relationship di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dapat digolongkan menjadi dua jenis yakni dampak psikologis dan dampak sosial menyangkut kehidupan sosialnya. Toxic relationship berpengaruh kepada timbulnya perilaku – perilaku sosial yang negatif, seperti tidak merasa malu karena telah berbuat keburukan, tidak peduli lingkungan sekitar dan norma-norma yang ada di lingkungan masyarakat, serta melanggar aturan dalam beragama Islam seperti membohongi orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inayah, Nurinayahnur673@gmail.comI73218046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisa_umsida67@gmail.com2006056701
Subjects: Gender
Kenakalan Anak dan Remaja
Masalah sosial
Keywords: Toxic Relationship; pacaran; perilaku sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: nur inayah inayah nur
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:48
Last Modified: 13 Jun 2022 01:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53496

Actions (login required)

View Item View Item