Tatwir iktibar lughoh al- arobiyah li- qobuli thullabi judud Dirasah hal ala qismi ta'limul lughoh al- arobiyah jami'ah mathali'ul falah al- islamiyah Pati

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afida, Febrian Nafisa Nurul (2021) Tatwir iktibar lughoh al- arobiyah li- qobuli thullabi judud Dirasah hal ala qismi ta'limul lughoh al- arobiyah jami'ah mathali'ul falah al- islamiyah Pati. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febrian Nafisa Nurul Afida_ F12618270.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengembangkan tes Bahasa Arab untuk penerimaan mahasiswa baru jurusan Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati dengan menganalisis tes dari segi validitas (konstruk dan isi) reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda serta maharotil lughowiyah (istima’, tarkib, qira’ah dan kitabah). Peneliti menggunakan jenis penelitian berupa Reseach and Development dengan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Populasi yang peneliti gunakan adalah mahasiswa semester 1 jurusan Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati Tahun Akademik 2020/ 2021 yang berjumlah 59 mahasiswa. Instrument pengumpulan data yag peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian dan pengembangan tes Bahasa Arab untuk Penerimaan Mahasiswa Baru Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati dari segi validitas konstruk sudah tidak ada butir soal yang mengalami kesalahan dalam penulisan, bahasa (mufrada dan redaksi) dan tarkib, dari segi validitas isi penulis telah membuatkan kisi- kisi sebelum Menyusun tes Bahasa Arab, dari segi uji reliabilita menggunakan SPSS ada peningkatan nilai tes yag belum dikembangkan hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai 0,70 sedangkan tes yang telahdikembangkan hasil uji reliabilitas menunjukka nilai 0,922 yang artinya reliabilitas tes tersebut sangat tinggi atau bisa dikatan sempurna, dari segi tingkat kesukaran untuk tes yang belum dikembangkan hanya terdapat 1 butir soal tes yang masuk kategori sedang sedangkan untuk tes yang sudah dikembangkan terdapat 9 butir soal tes yang masuk pada kategori sedang dengan nilai interval rata- rata 0,30- 0,69, dari segi daya pembeda butir soal tes yang sudah dikembangkan sudah tidak ada butir soal yang nilai intervalnya (-) dalam artian soal harus dibuang. Dari segi maharatul lughowiyah tes Bahasa Arab yang belum dikembangkan di dalam tes tersebut hanya terdapat maharah Qira’ah tarkib dan kitabah hanya beberapa dan kurang mendalam sedangkan tes Bahasa Arab yag sudah dikembangkan peneliti kembangkan dengan menambah maharah istima’ dan tes kitabah pada tes uraian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afida, Febrian Nafisa Nurulfebrian.nafisa@gmail.comF12618270
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Ahmadmirwan_at@yahoo.com2014038501
Thesis advisorJunaidi, Junaidiulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Agama
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Validitas; reliabilitas; tingkat kesukaran; daya beda; ketrampilan berbahasa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Febrian Nafisa Nurul Afida
Date Deposited: 17 Jun 2022 06:56
Last Modified: 17 Jun 2022 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53542

Actions (login required)

View Item View Item