Fenomena pernikahan siri: kontruksi sosial dalam masyarakat Kecamatan Kencong Kabupaten Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Fatatin (2022) Fenomena pernikahan siri: kontruksi sosial dalam masyarakat Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Fatatin Nisak_02040120009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini merupakan hasil penelitian tentang adat pernikahan siri yang ada pada masyarakat Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Penulis merasa tertarik untuk membahas pernikahan siri di sini karena pernikahan ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda seperti pernikahan siri pada umumnya. Penelitian ini akan menjawab tiga rumusan masalah yaitu sebagai berikut: Bagaimana syariat, hakikat, dan transdental pernikahan siri dalam masyarakat Kecamatan Kencong Kabupaten Jember? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Data penelitian di sini diperoleh penulis melalui wawancara dengan masyarakat Kecamatan Kencong sebagai narasumber yang berkaitan langsung dengan adat ini. Selanjutnya ialah penulis menganalisis data secara deskriptif untuk menggambarkan fakta di lapangan dengan pola pikir deduktif. Kemudian, penulis menggunakan pendekatan teori fenomenologi Edmund Husserl untuk menjawab rumusan masalah yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa syariat pernikahan siri yang telah berlangsung turun-temurun ialah sebuah pernikahan yang berdasarkan pada aturan agama dan adat, akan tetapi tetap memperhatikan peraturan negara sebagaimana yang terkandung dalam komitmen pernikahan siri. Hakikat pernikahan siri ialah menjaga kedua aktor yang bersangkutan dan melindungi perempuan secara khusus. Masyarakat merasa tenang dengan menjalankan adat pernikahan siri ini meskipun fungsi keluarga di dalamnya belum berjalan dangan baik. Adapun transdental dari pernikahan siri di sini ialah menjaga agama. Masyarakat Kencong menyukai adat pernikahan di sini sehingga mereka memperlakukan para aktor pernikahan adat ini dengan sangat baik karena mereka merasa bahwa nilai agama yang terkandung dalam tujuan pernikahan ini dapat terwujud.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, Fatatinfatatinisak@gmail.com02040120009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Thesis advisorJunaidy, Abdul Basithbasithjunaidy71@gmail.com2021107101
Subjects: Perkawinan
Wanita
Tradisi Islam
Keywords: Adat; pernikahan; siri; sirri; Kencong; Jember
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Fatatin Nisak
Date Deposited: 25 Jun 2022 12:49
Last Modified: 25 Jun 2022 12:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53630

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item