Implementasi pembelajaran daring melalui Whatsapp pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di MA Sabilunnajah Prambon Sidoarjo Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Samsudi, M. Agus (2022) Implementasi pembelajaran daring melalui Whatsapp pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di MA Sabilunnajah Prambon Sidoarjo Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Agus Samsudi_F02319060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Implementasi Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA Sabilunnajah Prambon Sidoarjo Jawa Timur. Tesis, Program Studi PAI Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya Kata Kunci : penerapan pembelajaran, Whatsapp, Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pandemi Covid-19 memberi pengaruh signifikan dalam bidang pendidikan di Indonesia. Surat edaran No.4,24-03-202 2020 tentang kebijakan pendidikan selama pandemi mengharuskan sistem pembelajaran tatap muka diganti menjadi daring. Setiap lembaga pendidikan memilih metode belajar daring dengan memanfaatkan media sosial yang ada. Ketentuan itu menjadi persoalan baru bagi Guru di sekolah.Lembaga pendidikan MA Sabilunnajah Watutulis Prambon memilih Whatsapp sebagai media pembelajaran daring karena dianggap paling relevan dan sudah populer, mudah digunakan dan tidak membutuhkan data yang besar dibanding dengan aplikasi media daring lainnya seperti Zoom dan Gmeet. Penerapan pembelajaran daring melalui Whatsapp menjadi permasalahan tersendiri bagi guru MA Sabilunnajah. Sebagian besar dari mereka tidak terbiasa dengan model pembelajaran daring sehingga menyulitkan para guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Permasalahan penelitian ini terkait dengan bagaimana implementasi pembelajaran daring dan bagaimana cara mengatasi kendala pembelajaran daring melalui Whatsapp pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Sabilunnajah Prambon Sidoarjo Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitan ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Sedangkan teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran daring melalui whatsapp pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di MA Sabilunnajah Prambon dinilai tidak efektif dan kurang maksimal. Dalam penelitian ditemukan bahwa setiap guru mempunyai cara yang berbeda-beda dalam menerapkan pembelajaran daring kepada siswanya. Proses pelaksanaan pembelajaran mayoritas bersifat pemberian tugas kepada siswa sehingga materi pelajaran tidak dapat diserap secara penuh. LKS (Lembar Kerja Siswa) menjadi material dasar dalam pelaksanaan pembelajaran. Interkasi dan komunikasi antara guru dan murid sangat terbatas dan jarang dilakukan. Selain itu guru tidak dapat secara langsung memantau perkembangan siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Samsudi, M. Agusmagussamsudispdi@gmail.comF02319060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorsuryani, SuryaniSuryanifpk@uinsa.ac.id2012087701
Thesis advisorNiam, Khoirunkhoirunniam@uinsby.ac.id2025077001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Penerapan Pembelajaran; Whatsapp; Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Agus Samsudi
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:11
Last Modified: 30 Jun 2022 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53641

Actions (login required)

View Item View Item