The relevance of speaking materials in coursebook designed by students in imalt class of English Departement in UIN Sunan Ampel Surabaya with Curriculum 2013 (K13)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhif, Arfanin (2016) The relevance of speaking materials in coursebook designed by students in imalt class of English Departement in UIN Sunan Ampel Surabaya with Curriculum 2013 (K13). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

Buku Pelajaran adalah salah satu media yang di gunakan untuk pengajaran Bahasa
Inggris sebagai bahasa asing. Desain buku pelajaran harus sesuai dengan kebutuhan
siswa dan kurikulum. Pada kelas IMALT jurusan pendidikan bahasa inggris di UIN
Sunan Ampel Surabaya, mahasiswa belajar mengenai cara menyusun materi ajar
untuk pelajaran Bahasa Inggris. Sebagai tugas akhir pada kelas IMALT, mahasiswa
di minta untuk menyusun buku ajar bahasa inggris untuk jenjang Sekolah Menengah
Pertama kelas tujuh yang sesuai dengan Kurikulum 2013 (K13). Terkadang,
menyususn bahan ajar adalah salah satu hal yang berat untuk mahasiswa karena
mereka harus menyusun buku pelajaran yang memuat tentang Languange contents
dan Languange skills. Language contents terdiri atas grammar dan vocabulary, dan
language skills terdiri dari menulis, berbicara, mendengar, dan membaca. Peneliti
fokus pada menganalisis materi speaking karena ini merupakan kemampuan produktif
yang membutuhkan siswa untuk praktek menyampaikan pesan ke penonton.
Permasalahan yang diperbincangkan dalam penelitian ini adalah pada materi speaking
dalam buku pelajaran didesain oleh mahasiswa di kelas IMALT telah relevan dengan
kurikulum 2013 atau tidak. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif
kualitatif. Data dikumpulkan dari mahasiswa di kelas IMALT. Setelah mendapatkan
data, peneliti menganalisis data materi speaking di dalam buku pelajaran dan
kompetensi utama nomor 3 dan 4 dari kurikulum 2013 dan membandingkan
keduanya. Instrument dalam penelitian ini diambil dari kompetensi utama nomor 3
dan 4 dari kurikulum 2013. Hasil dari penelitian ini yaitu 52% materi speaking dalam
buku pelajaran yang didesain oleh mahasiswa di kelas IMALT telah relevan dengan
kompetensi utama nomor 3 dan 4 dari kurikulum 2013. Berdasarkan Badan Standart
Nasional Pendidikan buku pelajaran yang didesain oleh mahasiswa kelas IMALT ini
dikategorikan sebagai buku pelajaran yang relevan dengan kurikulum 2013.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhif, Arfanin--D35211049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJati, Sigit Pramonosigitpj@gmail.com2018058603
Subjects: Kurikulum
Pendidikan > Bahasa Inggris
Keywords: Speaking; Kurikulum 2013; IMALT;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Arfanin Nadhif Nadhif
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:45
Last Modified: 19 Dec 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5375

Actions (login required)

View Item View Item