Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe Market Place Activity untuk meningkatkan minat membaca dan kemampuan berpikir kritis pada Mata Pelajaran SKI di Kelas IV MI Nurul Huda 2 kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnami, Silvi Hidayati (2021) Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe Market Place Activity untuk meningkatkan minat membaca dan kemampuan berpikir kritis pada Mata Pelajaran SKI di Kelas IV MI Nurul Huda 2 kota Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvi Hidayati Purnami_F02A19299.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah: 1) Mendekskripsikan proses pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe Market Place Activity 2) mendekskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Market Place Activity 3) mendekskripsikan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Market Place Activity.Penelitian ini adalah penelitian Pengembangan (Research and Development), dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto sejumlah 37 anak. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIEyang terdiri dari beberapa langkah-langkah yang secara singkat meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pengumpulan data menggunakan validasi dan angket. Produk perangkat pengajaran model pembelajaran kooperatif tipe Market Place Activity ini telah disempurnakan berdasarkan analisis data hasil penilaian validator dan uji coba.Berdasarkan langkah-langkah yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. 1) Proses pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe Market Place Activity untuk meningkatkan minat membaca dan kemampuan berpikir kritis ini setelah dinilai validator dan sebelum uji coba memperoleh rata-rata skor 2,92 dari skor maksimal 4 dengan kualifikasi cukup dan setelah diuji coba diketahui bahwa rata-rata pilihan peserta didik adalah 3.59, hal ini dikategorikan Cukup dengan simpang baku 0.30. 2) Hasil implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Market Place Activity untuk meningkatkan minat membaca dan kemampuan berpikir kritis ini dapat digolongkan cukup baik. 3) model pembelajaran kooperatif tipe Market Place Activity untuk meningkatkan minat membaca dan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas IV MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto cukup efektif karena penggunaan produk ini adalah dapat meringankan beban guru saat mengajar, seperti mengulang materi yang belum bisa dipahami, menulis di papan tulis, maupun menjawab pertanyaan peserta didiktentang tulisan yang belum jelas. Guru yang memiliki kemampuan penguasaan kelas yang lemah juga akan terbantu dengan pemanfaatan produk ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnami, Silvi Hidayatisilvihidayati10@gmail.comF02A19299
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com.2007017001
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: market place activity; minat membaca; kemampuan berpikir kritis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Silvi Hidayati Purnami
Date Deposited: 10 Jul 2022 03:54
Last Modified: 10 Jul 2022 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53766

Actions (login required)

View Item View Item