Pengarusutamaan ideologi salafi di media digital: studi tentang akun @sahabat_akhirat01 perspektif relasi kuasa Michel Foucault

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zhadhiyah, Chalimatus (2022) Pengarusutamaan ideologi salafi di media digital: studi tentang akun @sahabat_akhirat01 perspektif relasi kuasa Michel Foucault. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chalimatus Zhadhiyah_E91218072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan media digital pada saat ini mampu mempengaruhi dan memberikan perubahan dalam dinamika kehidupan masyarakat seperti dalam agama. Interaksi antar agama dan media sosial pada saat ini tidak bisa dihindari. Dalam fungsinya, media sosial memberikan akses kemudahan untuk mendidik pengguna dengan penyebaran doktrin-doktrin keagamaan dari fundamental, radikal, salafi, dan moderat. Mengingat semakin pesatnya laju pergerakan ideologi salafi di media sosial maka penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui bahwa doktrin yang mereka sampaikan tidak tepat jika digunakan di Indonesia karena doktrin mereka yang kaku dan tidak toleran dengan adat, budaya di Indonesia. Untuk mengetahui bangunan pengetahuan dan relasi kuasa yang terbentuk dalam akun instagram @sahabat_akhirat01 penelitian ini menggunakan teori relasi kuasa Michel Foucault. Doktrin salafi yang terbentuk dalam akun @sahabat_akhirat01 tidak sebatas muncul seporadis, namun dinamika ini memiliki rangkaian struktur akar ideologis. Arkeologi dan genealogi Foucault juga digunakan untuk untuk memperoleh temuan bangunan pengetahuan yang terbentuk dari akun @sahabat_akhirat01.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zhadhiyah, Chalimatuschalimatuszhadhiyah732@gmail.comE91218072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Arkeologi
Salafi
Keywords: Ideologi salafi; akun @sahabat_akhirat; arkeologi; genealogi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Chalimatus Zhadhiyah
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:59
Last Modified: 11 Oct 2022 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53848

Actions (login required)

View Item View Item