Pesan dakwah dalam film Surga yang tak dirindukan 3 karya Asma Nadia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridhayanti, Oky Maylinia (2022) Pesan dakwah dalam film Surga yang tak dirindukan 3 karya Asma Nadia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Oky Maylinia Ridhayanti_B91218128.pdf

Download (1MB)

Abstract

Oky Maylinia Ridhayanti, NIM B91218128, 2022. Pesan Dakwah Dalam Film Surga yang Tak Dirindukan 3 Karya Asma Nadia. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah pesan dakwah dalam film Surga yang tak dirindukan 3 serta pesan dakwah yang paling banyak dipresentasikan pada film Surga yang Tak Dirindukan 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kritis dengan model analisis semiotika Charles Sanders Peirce untuk menganalisis pesan dakwah dalam film surga yang tak dirindukan 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik obeservasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) terdapat 13 scene yang mengandung pesan dakwah yakni a) Pesan dakwah syariat yakni, perintah salat di awal waktu, memenuhi syariat seorang suami untuk adil kepada istri-istri secara lahir dan batin, salat berjama’ah. b) Pesan dakwah akhlak yakni : adab bergaul dengan lawan jenis, larangan menipu, menjadi pemimpin yang amanah dan memiliki sikap tanggung jawab, perintah untuk menepati janji, kewajiban istri salihah, berfikir sebelum bertindak, larangan berburuk sangka, bersikap jujur dalam berumah tangga, larangan mendiamkan sesama muslim lebih dari 3 hari, larangan bersikap nusyuz dan perintah bersikap adil. (2) Pesan dakwah yang paling banyak dipresentasikan dalam film Surga yang Tak Dirindukan 3 adalah pesan dakwah akhlak yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Penulis berharap dengan penelitian skripsi ini dapat memberikan banyak manfaat kepada pembaca dan segala pihak, serta disarankan kepada penelitian selanjutnya dapat mengkaji penelitian ini dengan metode yang berbeda dan lebih baik lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridhayanti, Oky Mayliniaomaylinia@gmail.comB91218128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, Fahrurfroziyas@yahoo.co.id2012066901
Subjects: Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Pesan Dakwah; Film; Surga yang tak dirindukan 3; Semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Oky Maylinia Ridhayanti
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:20
Last Modified: 15 Jul 2022 02:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53942

Actions (login required)

View Item View Item