Bendera Caruban Nagari (kesultanan Cirebon)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriani, Indah Saputri (2022) Bendera Caruban Nagari (kesultanan Cirebon). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Saputri Indriani_A92217112.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini memiliki fokus kepada beberapa masalah yang dibahas, diantaranya yaitu: 1. Bagaimana sejarah Kesultanan Cirebon?, 2. Apa fungsi Bendera Kesultanan Cirebon?, 3. Apa saja makna simbolik Bendera Kesultanan Cirebon?. Skripsi ini disusun dengan menggunakan pendekatan sejarah. Sejarah digunakan untuk menganalisis dan menceritakan terkait bendera Kesultanan Cirebon, khususnya mengenai sejarah Kesultanan Cirebon kemudian tentang sejarah Bendera dan makna-makna yang terkandung dalam Bendera tersebut. Adapun kerangka teori yang digunakan oleh penulis dalam skripsi ini adalah teori semiotik menurut Fedinand de Saussure, dan teori hermeneutika. Sedangkan, metode yang digunakan adalah metode sejarah yang meliputi Heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan Historiografi. Dari hasil penulisan ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Sejarah Kesultanan Cirebon dimulai pada abad ke-15 dan 16 masehi, dibangun dan dipimpin oleh Raden Walangsungsang kemudian diteruskan oleh Raden Syarif Hidayatullah. Kedua, bahwa peran Bendera Caruban Nagari dalam Kesultanan Cirebon sebagai lambang kesultanan dan juga sebagai bendera atau panji perang. Ketiga, Bendera Kesultanan Cirebon memiliki makna tentang hubungan manusia dengan Allah SWT, yaitu tentang Tauhid dan pengharapan, kemudian juga hubungan manusia dengan sesama manusia, berupa hubungan pemimpin dan masyarakat, atau hubungan sesama masyarakat itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriani, Indah Saputriindahsaputriindriani33@gmail.comA92217112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnu-196808062000031003
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Lambang
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Bendera; kesultanan Cirebon; Raden Syarif Hidayatullah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Indah Saputri Indriani
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:22
Last Modified: 18 Jul 2022 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53967

Actions (login required)

View Item View Item