Representasi budaya dalam film imperfect the series analisis semiotika model roland barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wicaksono, Ja'faris Shodiq (2022) Representasi budaya dalam film imperfect the series analisis semiotika model roland barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ja'faris Shodiq Wicaksono_B76215047.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika model Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga budaya yang direpresentasikan dalam film Imperfect the Series. Yaitu budaya Jakarta, budaya Papua, Budaya Sunda. Yang pertama yaitu budaya Jakarta yang telah terframing oleh media mainstream yang memiliki budaya hedonis serta glamour. Dalam film ini terlihat jelas bahwa budaya leluhur Jakarta telah tergantikan dengan budaya yang diciptakan oleh tayangan-tayangan televise yang sudah menyebar. Kedua yaitu budaya Papua yang dalam film ini digambarkan sebagai budaya yang dengan watak yang keras. Kekuranagan air pun juga digambarkan paada orang-orang Papua yang tersampaikan melalui representasi denotatif dan konotatif yang disuguhkan dalam film ini. Ketiga yaitu budaya sunda yang direpresentasikan dengan adanya tokoh neneng yang berwatak lemah lembut dan penurut dengan orang tuanya yang ditemukan pada representasi denotatif dan konotatif dalam film tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wicaksono, Ja'faris Shodiqjshodiq01@gmail.comB76215047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPardianto, Pardiantopardianto@uinsby.ac.id2022067303
Subjects: Ilmu Komunikasi
Budaya
Keywords: Representasi Budaya; Film Imperfect the Series Analisis Semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: jafaris shodiq wicaksono
Date Deposited: 05 Nov 2022 16:02
Last Modified: 05 Nov 2022 16:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54009

Actions (login required)

View Item View Item