Pemberdayaan masyarakat dalam membangun tingkat kepekaan terhadap lingkungan dengan pengelolaan sampah di dusun Napes Desa Prambangan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Nur (2022) Pemberdayaan masyarakat dalam membangun tingkat kepekaan terhadap lingkungan dengan pengelolaan sampah di dusun Napes Desa Prambangan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Maulidiyah_B92217074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas terkait pola prilaku masyarakat dalam mengelola sampah, beberapa problem yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat dusun napes khususnya dalam hal pengelolaan sampah. Prilaku kebanyakan masyarakat disana seringkali abai dalam menanggapi sampah. Mereka sering kali membuang sampah secara sembarangan baik itu dibakar, di buang di sungai hingga dibuang di got, tak hanya itu disana meskipun sudah ada TPS namun, kebanyakan dari mereka masih enggan untuk berjalan ke TPS untuk membuang sampah di dalam kontainer sampah. Akhirnya sampah yang tercecer menimbulkan bau tidak sedap. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih peduli terhadap kebersihan sehingga mampu mengelola sampah lebih tepat. Penelitian ini menggunakan metode PAR (partisipatori action reserch). Dalam penelitian ini peneliti bersama masyarakat bersama-sama menjalankan riset aksi ini. Memposisikan masyarakat sebagai subjek sekaligus objek penelitian. Hasil proses penelitian ini adalah terciptanya lingkungan yang bersih bebas dari sampah serta masyarakat mampu melakukan pengolahan sampah. Adanya penelitian ini masyarakat menjadi lebih peduli terhadap lingkungan, dengan melakukan daur ulang sampah, dan membuat lingkunga. kebiasaan baik terhadap pengelolaan sampah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Nurnur.maulidiyah@gmail.comB92217074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pujirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; lingkungan; partisipatory action reserch; sampah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: nur maulidiyah
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:44
Last Modified: 21 Jul 2022 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54035

Actions (login required)

View Item View Item