Tinjauan siyasah dusturiyah dan Undang-Undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas terhadap implementasi upaya penyerapan tenaga kerja disabilitas di kampus Cordelia Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umah, Bella Maidatul (2022) Tinjauan siyasah dusturiyah dan Undang-Undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas terhadap implementasi upaya penyerapan tenaga kerja disabilitas di kampus Cordelia Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bella Maidatul Umah_C74218044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah yaitu: bagaimana tinjauan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas terhadap upaya penyerapan tenaga kerja disabilitas di Kampus Cordelia Kota Surabaya. Dan bagaimana tinjauan fikih siyasah dusturiyah terhadap upaya penyerapan tenaga kerja disabilitas di Kampus Cordelia Kota Surabaya. Data dan informasi dalam skripsi ini dihimpun menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang menggunakan metode penelitian kualitatif, setelah data terkumpul akan dianalisis dalam bentuk deskriptif dengan pola pikir induktif, dan disusun secara sistematis menjadi data yang konkrit. Yaitu mengenai persoalan upaya penyerapan tenaga kerja disabilitas dalam pemenuhan hak pekerjaan, kewirausahaan, dan koperasi berdasarkan implementasinya pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. Dan selanjutnya data tersebut akan diolah dan dianalisis menggunakan teori hukum positif serta teori hukum islam, pada ruang lingkup fikih siyasah dusturiyah. Hasil penelitian pada persoalan ini menunjukkan bahwa Kampus Cordelia telah melakukan implementasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas dengan baik, karena Kampus Cordelia memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk bekerja dalam lembaga pelatihan tenaga kerja ini. Dan dalam kajian fikih siyasah dusturiyah disimpulkan bahwa, Kampus Cordelia telah melakukan upaya penyerapan tenaga kerja disabilitas yang sesuai dengan konsep siyasah dusturiyah, berdasarkan hukum dan syariat islam. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka disarankan kepada Kampus Cordelia untuk tetap melakukan upaya penyerapan tenaga kerja disabilitas dalam membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia dan untuk membantu pemerintah dalam pelayanan terhadap disabilitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umah, Bella Maidatulbmaidatul@gmail.comC74218044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasyim, Muh. Fathonimufah.hasyim@gmail.com2010015601
Subjects: Cacat - Tunarungu
Hukum Islam
Tenaga Kerja
Keywords: Siyasah dusturiyah; Undang-undang nomor 8 tahun 2016; penyandang disabilitas; tenaga kerja
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Bella Maidatul Umah
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:55
Last Modified: 19 Jul 2022 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54049

Actions (login required)

View Item View Item