Identifikasi kandungan mikroplastik pada sedimen, air dan saluran pencernaan Ikan Bandeng (Chanos chanos) di Tambak Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sanabila, Annisa Inda (2022) Identifikasi kandungan mikroplastik pada sedimen, air dan saluran pencernaan Ikan Bandeng (Chanos chanos) di Tambak Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Inda Sanabila_H91218039.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mikroplastik merupakan salah satu bentuk pencemaran baru yang memang saat ini belum diketahui secara umum oleh masyarakat Indonesia. Adapun faktor masuknya mikroplastik di perairan tambak yaitu sumber pengairan, aktivitas antropogenik, kepadatan penduduk sekitar tambak dan kebersihan dari tambak itu sendiri. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelimpahan mikroplastik, warna dan bentuk mikroplastik serta jenis polimer mikroplastik yang ditemukan pada sedimen, air dan saluran pencernaan Ikan Bandeng (Chanos chanos) di tambak Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan adanya kontaminasi mikroplastik pada sedimen, air dan saluran pencernaan Ikan Bandeng (Chanos chanos) di tambak Sidoarjo. Ketiga sampel yang diamati memiliki rata-rata kelimpahan mikroplastik yang beragam. Rata-rata kelimpahan mikroplastik pada sampel sedimen yang diperoleh dari Tambak Semi Intensif yaitu 300 partikel/ 50 gram sedangkan sampel sedimen Tambak Tradisional sebanyak 613 partikel/ 50 gram. Adapun rata-rata kelimpahan mikroplastik pada sampel air Tambak Semi Intensif sebanyak 2,1 partikel/ 20 liter dan Tambak Tradisional 2,3 partikel/ 20 liter. Rata- rata kelimpahan mikroplastik pada sampel Ikan Bandeng (Chanos chanos) dari Tambak Semi Intensif diperoleh sebanyak 6 partikel sedangkan Tambak Tradisional sebanyak 9,5 partikel. Dalam penelitian ini ditemukan empat warna mikroplastik yaitu biru, hitam, merah dan transparan sedangkan bentuk mikroplastik yang diperoleh yaitu fiber, fragment dan filament. Jenis polimer mikroplastik yang ditemui dalam penelitian ini didominasi dengan polimer polyamida atau Nylon. Pada sampel sedimen dari kedua tambak ditemukan adanya polimer Polyamida atau Nylon, pada sampel air yaitu Polystirene dan Polyamida atau Nylon dan pada saluran pencernaan Ikan Bandeng (Chanos chanos) yaitu Polyamida atau Nylon.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sanabila, Annisa Indasanabila02@gmail.comH91218039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Moch. Irfanm_i_h@uinsby.ac.id0824048601
Subjects: Biologi
Ekologi
Keywords: Mikroplastik; sedimen; air; Ikan Bandeng (Chanos chanos)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Annisa Inda Sanabila
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:43
Last Modified: 20 Jul 2022 06:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54166

Actions (login required)

View Item View Item