Pengaruh penerapan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI Kelas VB di MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roikhah, Arfiyah Robbi’atur (2022) Pengaruh penerapan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI Kelas VB di MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arfiyah Robbi'atur Roikhah_D97218067 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena motivasi belajar siswa kelas VB di MIN 2 Sidoarjo pada pembelajaran SKI masih tergolong rendah. Diantaranya masih banyak siswa yang kurang memperhatikan disaat guru menjelaskan materi pembelajaran dan siswa sering merasakan bosan saat proses pembelajaran berlangsung. Penerapan kegiatan ice breaking dapat membantu seorang guru menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan sebelum menyampaikan materi pembelajaran. Jika saat belajar siswa dalam suasana hati yang menyenangkan, maka mereka akan fokus, lebih mudah memahami dan menerima materi pembelajaran yang disampaikan. Tujuan dari penelitian : 1) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan ice breaking pada pembelajaran SKI kelas VB di MIN 2 Sidoarjo 2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI kelas VB di MIN 2 Sidoarjo 3) Untuk menguji adanya pengaruh dari penerapan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI kelas VB di MIN 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Pre-Experimental Design. Desain penelitian eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Dalam eksperimen ini terdapat Pretest, sebelum diberi perlakuan dan Posttest, setelah diberi perlakuan yang hanya dilakukan kepada satu sampel saja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB MIN 2 Kota Sidoarjo yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus Paired Sample t-test, yang mana perhitungannya dibantu dengan aplikasi SPSS Statistics 23 mendapatkan hasil 0,000 dengan dasar pengambilan keputusan yaitu jika nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dari hasil tersebut diketahui 0,000 < 0,05 yang mana artinya H0 di tolak dan H1 diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh penerapan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa kelas VB MIN 2 Sidoarjo karena jika siswa termotivasi untuk belajar maka akan mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roikhah, Arfiyah Robbi’aturarfiyahrobby@gmail.comD97218067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, SulthonUNSPECIFIED197309102007011017
Thesis advisorMusthofa, M. BahriUNSPECIFIED197307222005011005
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Ice breaking; motivasi belajar; pembelajaran SKI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arfiyah Robbi'atur Roikhah
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:47
Last Modified: 21 Jul 2022 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54273

Actions (login required)

View Item View Item