Karakteristik pertumbuhan dan produksi rumput mulato (Brachiaria hybrid cv. Mulato) yang diberikan pupuk hijau cair daun lamtoro, daun kersen, daun sirih dan pupuk kandang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Fashihatul (2022) Karakteristik pertumbuhan dan produksi rumput mulato (Brachiaria hybrid cv. Mulato) yang diberikan pupuk hijau cair daun lamtoro, daun kersen, daun sirih dan pupuk kandang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fashihatul Ula_H71218020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam kegiatan menanam rumput sering kali menjadi masalah. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan peternak bahwa hijauan yang diberikan sebagai makanan hewan ternak harus berkualitas baik, bermutu baik, tersedia sepanjang tahun dan jumlahnya mencukupi. Salah satu rumput yang dapat memenuhi nutrisi bagi ternak adalah rumput Brachiaria hybrid cv. Mulato. Adapun kelebihan dari rumput mulato adalah tahan terhadap kekeringan, produksi cukup tinggi dan mudah dikembangbiakkan dengan anakan. Perlu adanya upaya untuk menyediakan hijauan pakan yang cukup baik dan terjamin kontinuitasnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan pupuk organik cair. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pertumbuhan dan prosduksi rumput mulato (Brachiaria hybrid cv. Mulato) yang di berikan pupuk hijau cair daun lamtoro, daun kersen dan daun sirih dan pupuk kandang. Penelitian ini menggunakan 4 perlakuan dengan dosis pupuk yang diberikan pada masing-masing perlakuan sebanyak 25%, 50%, 75% dan 100% dengan lama pertumbuhan selama 30 hari. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok (RAK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk cair daun kersen, daun lamtoro, daun sirih dan pupuk kandang berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan rumput mulato, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap (P>0,05) jumlah daun, luas daun dan berat kering rumput mulato.Kesimpulan penggunaan pupuk hijau cair daun kersen, daun lamtoro, daun sirih mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman dengan baik terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan, jumlah daun, lebar daun dan berat kering rumput mulato.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Fashihatulfashihatul17gmail.comH71218020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Fitria Nirmalanirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorMunir, Misbahulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id198107252014031002
Subjects: Biologi
Lingkungan Hidup
Pertanian
Keywords: Rumput mulato; pupuk organik cair; pertumbuhan dan produksi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Fashihatul Ula
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:01
Last Modified: 22 Jul 2022 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54302

Actions (login required)

View Item View Item