Hubungan kemampuan membaca dengan penyelesaian soal pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifah, Dwi Nur (2022) Hubungan kemampuan membaca dengan penyelesaian soal pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Nur Arifah_D97218080 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu banyaknya siswa yang mengalami kesulitan saat harus mengerjakan soal ulangan tengah semester secara mandiri. Dalam hal ini peneliti melihat bahwa kemampuan membaca pemahaman yang baik akan memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui kondisi kemampuan membaca siswa kelas II di MINU Ngingas Waru. 2) Untuk memahami faktor yang menjadi penghambat pada kemampuan membaca siswa kelas II di MINU Ngingas Waru. 3) Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca dengan kemampuan penyelesaian soal pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di MINU Ngingas Waru. Jenis penelitian ini yaitu penelitian mixed methods. Dengan jumlah sampel sebanyak 28 siswa kelas II MINU Ngingas Waru pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang ditentukan dengan teknik simple randon sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan perhitungan statistik inferensial dengan rumus product momen. Hasil penelitian ini yaitu : 1) Kemampuan membaca siswa kelas II MINU Ngingas Waru berada pada kategori baik, karena sebagian besar siswa sudah mampu memahami isi bacaan dengan sangat baik. 2) Faktor yang menjadi penghambat pada kemampuan membaca yaitu motivasi serta dukungan dari orang tua yang kurang, waktu pembelajaran di sekolah yang terbatas, dan kurangnya kesiapan siswa untuk menerima pembelajaran. 3) Hasil perhitungan korelasi product moment dengan nilai r hitung (0,635) > r tabel (0,374). Hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima sebab terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca dengan penyelesian soal pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II di MINU Ngingas Waru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifah, Dwi Nurdwinurarifah95@gmail.comD97218080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Bahasa Indonesia
Keywords: Kemampuan membaca; soal; pelajaran Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: dwi nur arifah
Date Deposited: 27 Sep 2022 08:26
Last Modified: 27 Sep 2022 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54392

Actions (login required)

View Item View Item