Pengaruh pengggunaan media video animasi terhadap hasil belajar Matematika materi KPK dan FPB di kelas IV B MI Miftahul Huda Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masita, Al Fani (2022) Pengaruh pengggunaan media video animasi terhadap hasil belajar Matematika materi KPK dan FPB di kelas IV B MI Miftahul Huda Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Al Fani Masita_D97218064 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi KPK dan FPB karena guru dalam menyajikan materi pelajaran matematika hanya berceramah dengan menggunakan papan tulis, sehingga siswa sulit memahami materi yang bersifat abstrak. Selain itu berdasarkan hasil observasi, saat pelajaran matematika banyak siswa yang merasa takut karena tidak bisa berhitung perkalian dan pembagian sehingga siswa tidak mampu dalam menyelesaikan soal-soal. Dari kegiatan pembelajaran yang tidak optimal tersebut maka hasil belajar siswa kelas IV-B diketahui 90% mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan madrasah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Huda Gresik setelah menggunakan media video animasi dan tanpa menggunakan media video animasi pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB serta apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar matematika materi KPK dan FPB pada siswa kelas IV-B di MI Miftahul Huda Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian posttest-only control grup grup design yaitu jenis penelitian eksperimen semu yang mengukur perbedaan post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini adalah 30 siswa kelas IV-A sebagai kelas kontrol dan 30 siswa kelas IV-B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes. Tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 16 soal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial uji T-Tes yaitu Independent Sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul huda gresik setelah menggunakan media video animasi dan hasil belajar siswa tanpa menggunakan video animasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,57, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 78,07. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunaan media video animasi dengan hasil belajar siswa menggunakan media papan tulis. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji hipotesis (Uji Independent Sampel T-Test) didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5% yaitu 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masita, Al Fanimalfani370@gmail.comD97218064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaleh, Chairatichairatisaleh@uinsby.ac.id2011047302
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Matematika
Keywords: Video animasi; hasil belajar; KPK; FPB
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Al Fani Masita
Date Deposited: 27 Sep 2022 08:07
Last Modified: 27 Sep 2022 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54394

Actions (login required)

View Item View Item