Peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media papan flanel pada siswa Kelas I MI Bilingual Sabilil Khoir Porong Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Aprilia Nur (2022) Peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media papan flanel pada siswa Kelas I MI Bilingual Sabilil Khoir Porong Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aprilia Nur Azizah_D97218066 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan media papan flanel dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I di MI Bilingual Sabilil Khoir Porong Sidoarjo. 2) Mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah menggunakan media papan flanel pada siswa kelas I di MI Bilingual Sabilil Khoir Porong Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat komponen pada setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Bilingual Sabilil Khoir yang terdiri dari 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, performance assessment, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media papan flanel terlaksana dengan baik. Dapat dilihat dari hasil nilai observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 75,96 meningkat pada siklus II menjadi 96,15. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75,96 meningkat pada siklus II menjadi 95,19. Hasil performance kemampuan membaca permulaan siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan media papan flanel. Dapat dilihat dari persentase ketuntasan pra siklus 24%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 50% Pada siklus II terjadi peningkatan lagi menjadi 82%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Aprilia Nurapriliyanurazizah@gmail.comD97218066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Membaca permulaan; media pembelajaran; papan flanel
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aprilia Nur Azizah
Date Deposited: 27 Sep 2022 08:17
Last Modified: 27 Sep 2022 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54397

Actions (login required)

View Item View Item