Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di lingkungan madrasah swasta perkotaan: studi kasus di MI Al Fithrah Kenjeran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sujatmiko, Lugas Dwi (2022) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di lingkungan madrasah swasta perkotaan: studi kasus di MI Al Fithrah Kenjeran Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lugas Dwi Sujatmiko_D03215015 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

MI Al Fitrah Surabaya dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan dalam rekrutmen peserta didik baru, hal tersebut tidak lepas dari sebuah strategi yang dirancang oleh kepala madrasah. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan data melalui wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, (1) Proses pelaksanaan rekrutmen peserta didik di MI Al Fitrah terbagi menjadi tiga tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Faktor penghambat saat rekrutmen peserta didik di MI Al Fitrah Surabaya adalah panitia pelaksana, fasilitas, dan madrasah-madrasah disekitar yang memiliki fasilitas yang lebih baik. (3) Strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah MI Al Fitrah Surabaya untuk meningkatkan jumlah peserta didik baru di lingkungan madrasah swasta perkotaan adalah dengan cara mempromosikan program unggulan madrasah yang terdiri dari: religious character, leadership character, BIMTAQ, dan Pembelajaran Berbasis Proyek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sujatmiko, Lugas Dwilugasdwisujatmiko17@gmail.comD03215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Keywords: Strategi; kepala madrasah; jumlah peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lugas Dwi Sujatmiko
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:24
Last Modified: 28 Sep 2022 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54405

Actions (login required)

View Item View Item