Pengaruh penggunaan media diorama terhadap keterampilan bercerita pada mata pelajaran SKI kelas III-B di MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lifada, Auliyah (2022) Pengaruh penggunaan media diorama terhadap keterampilan bercerita pada mata pelajaran SKI kelas III-B di MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Auliyah Lifada_D97218073.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena keterampilan bercerita siswa kelas III-B di MIN 2 Sidoarjo pada pelajaran SKI masih tergolong rendah. Siswa masih kurang memahami cerita yang disampaikan guru, sehingga jika diminta untuk bercerita siswa masih terbata-bata dalam menyampaikan materi. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan media pembelajaran tiga dimensi karena siswa dapat melihat tempat kejadian yang ada dalam cerita dengan penglihatannya secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap keterampilan bercerita pada pelajaran SKI kelas III-B MIN 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design yang berbentuk one-shot case study. Desain penelitian ini menggunakan treatment yang diberikan pada suatu sampel selanjutnya diobservasi hasilnya. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media diorama terhadap varibel terikat pada penelitian ini yaitu keterampilan bercerita. Sampel penelitian ini berjumlah 27. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket dan lembar tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media diorama mempunyai pengaruh terhadap keterampilan bercerita pada Mata Pelajaran SKI pada materi bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad SAW diketahui sebesar 97,1%. Nilai thitung sebesar 29.682 > ttabel 2.060. Nilai signifikansi diperoleh sebesar 0.000 < 0.05, sehingga berarti H0 di tolak dan H1 diterima. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan Media Diorama (X) terhadap variabel Keterampilan Bercerita (Y). Artinya adalah hasil dari penggunaan media diorama saat pembelajaran SKI berlangsung dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas III-B di MIN 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lifada, Auliyahlifadaauliya0@gmail.comD97218073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Keterampilan
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Media diorama; keterampilan bercerita; pembelajaran SKI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Auliyah Lifada
Date Deposited: 16 Sep 2022 07:55
Last Modified: 16 Sep 2022 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54432

Actions (login required)

View Item View Item