Analisis hukum Islam dan Kuh Perdata terhadap praktik jual beli strawberry di Kelurahan Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nanda, Amirul Ikhsan (2022) Analisis hukum Islam dan Kuh Perdata terhadap praktik jual beli strawberry di Kelurahan Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amirul Ikhsan Nanda_C72218051.pdf

Download (578kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif dengan judul “Analisis Hukum Islam dan KUH Perdata terhadap Jual Beli Strawberry di Kelurahan Kalisoro Kecamatan Tawangmngu Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah”. Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah: 1) Bagaimana praktik jual beli strawberry di Kelurahan Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah? 2) Bagaimana analisis Hukum Islam dan KUH Perdata terhadap praktik jual beli Strawberry di Kelurahan Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah?. Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Selanjutnya data tersebut diolah menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif yaitu dengan pola pikir induktif berdasarkan fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Kemudian diambil kesimpulan dari analisis tersebut dengan teori hukum Islam dan KUH Perdata. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwasannya praktik jual beli strawberry di Kelurahan Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah dapat merugikan pembeli dengan tidak adanya kejujuran dari penjual dimana kondisi objek jual beli terdapat kecacatan dan mengandung unsur tadlis serta tidak memenuhi salah satu rukun dan syarat jual beli. Dalam hukum Islam jual beli yang tidak memenuhi salah satu rukun dan syaratnya dinyatakan tidak sah. Kemudian dalam KUH Perdata tentang perjanjian jual beli pasal 1320 diterangkan bahwa apabila tidak memenuhi salah satu syarat perjanjian maka dapat dikatakan batal demi hukum. Sebab terdapat aturan causa baku yang dapat merugikan salah satu pihak jual beli. Sejalan dengan kesimpulan diatas penulis memberikan saran seharusnya di dalam praktik jual beli strawberry di tempat tersebut penujual harus mmemperhatikan kondisi maupun kualitas strawberry yang dijual sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Adakalanya juga calon pembeli agar lebih berhati-hati dalam membeli dan memilih barang yang akan dibeli karena barang yang diperjualbelikan tersebut merupakan barang konsumsi yang dapat membayakan kesehatan apabila terdapat kecacatan didalamnya supaya terhindar dari penipuan dan kecurangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nanda, Amirul Ikhsanamirul.nanda42@gmail.comC72218051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Perdata
Jual Beli
Keywords: Hukum Islam; Kuh Perdata;jual beli strawberry
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: amirul nanda
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:19
Last Modified: 16 Sep 2022 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54435

Actions (login required)

View Item View Item