Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap peningkatan minat baca siswa MI Nurul Ulum Tikung Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawaddah, Ade Mei Nurul (2022) Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap peningkatan minat baca siswa MI Nurul Ulum Tikung Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ade Mei Nurul Mawaddah_D07218002.pdf

Download (3MB)

Abstract

literasi sekolah di MI Nurul Ulum Tikung Lamongan yang ingin dianalisis oleh peneliti. Pemerintah mencanangkan program Gerakan Literasi Sekolah sejak tahun 2016 terakhir sampai sekarang demi memperbaiki kualitas literasi bangsa. Pada tahun itu pula kali pertama dibuat di sekolah MI Nurul Ulum Tikung Lamongan. Seharusnya, program tersebut mudah dipastikan untuk mampu meningkatkan minat baca siswa. Namun, semenjak pandemi, banyak para wali murid yang mengeluhkan kendala kegiatan belajar yang dilakukan secara daring dan menurunnya minat baca siswa. Hal ini tentunya bersikap abu-abu karena meskipun adanya program gerakan literasi sudah ada, namun sekolah pun baru saja dibuka serentak pada bulan Maret 2022 (50%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program gerakan literasi siswa, mengetahui minat baca siswa, dan pengaruh gerakan literasi sekolah dalam meningkatkna minat baca. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif desain deskriptif. Artinya, berdasarkan penelitian yang telah ditulis adalah berdasarkan dengan fakta yang dilihat di lapangan. Populasi dari penelitian ini adalah 145 siswa dan sampel penelitian adalah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Uji pengambilan data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian adalah program GLS meliputi literasi dini, literasi dasar, literasi perpustakaan, dan literasi media. Sedangkan untuk minat baca siswa dikatakan tinggi ditandai dengan hasil uji validitas dan uji normalitas sebesar 0,01 < 0,05 dan 0,1 > 0,05. Selanjutnya, untuk pengaruh antara variabel X dan variabel Y dibuktikan dengan uji regresi sederhana dan uji t yakni 0,822 > 0,05 dan 0,01 < 0,05. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawaddah, Ade Mei Nurulademawaddah07211@gmail.comD07218002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthansulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Pendidikan > Minat Baca
Keywords: Gerakan literasi sekolah; minat baca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ade Mei Nurul Mawaddah
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:00
Last Modified: 16 Sep 2022 09:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54440

Actions (login required)

View Item View Item