Analisis nilai pendidikan karakter dalam film animasi Diva The Series serta relevansinya bagi anak usia sekolah dasar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Harismatullah, Eko Wahyu Dyah (2022) Analisis nilai pendidikan karakter dalam film animasi Diva The Series serta relevansinya bagi anak usia sekolah dasar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eko Wahyu Dyah Harismatullah_D77218034 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penurunan moral pada anak marak sekali terjadi saat ini. Sehingga penting sekali adanya penguatan pendidikan karakter yang ditanamkan sejak dini. Sebagai upaya untuk menanamkan nilai pendidikan karakter, dibutuhkan peran pelaku pendidikan dengan memadukan penggunaan media pembelajaran. Film Animasi Diva The Series merupakan salah satu media yang dapat digunakan karena terdapat banyak nilai karakter didalamnya. Maka dari itu, perlu diketahui apa saja nilai pendidikan karakter didalamnya. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film animasi Diva The Series. 2) Untuk mengetahui relevansi nilai pendidikan karakter dalam film animasi Diva The Series dengan anak usia sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research atau penelitian kepustakaan dengan teknik analisis isi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi. Dengan subjek nilai pendidikan karaakter dan objek film animasi Diva The Series. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Dari 3 episode yang diteliti, nilai pendidikan karakter secara keseluruhan ditemukan sebanyak 11 nilai, yaitu: 2 Nilai Karakter Religius, 1 Nilai Karakter Nasionalisme, 3 Nilai Karakter Mandiri, 4 Nilai Karakter Gotong Royong, dan 1 Nilai Karakter Integritas. 2) Ditemukan relevansi antara nilai pendidikan karakter dengan karakteristik perkembangan anak usia sekolah dasar. Diantaranya yakni nilai religius relevan dengan perkembangan kognitif, nilai nasionalis relevan dengan perkembangan psikososial, nilai mandiri relevan dengan perkembangan kognitif dan psikososial, nilai gotong royong relevan dengan perkembangan psikososial dan moral, serta nilai integritas relevan dengan perkembangan moral.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Harismatullah, Eko Wahyu Dyahewdyah45@gmail.comD77218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Nilai pendidikan karakter; Film animasi Diva The Series; anak usia sekolah dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eko Wahyu Dyah Harismatullah
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:11
Last Modified: 10 Oct 2022 06:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54451

Actions (login required)

View Item View Item