Pengaruh sudut baca terhadap minat membaca peserta didik kelas IIIB di Minu Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Khoiru (2022) Pengaruh sudut baca terhadap minat membaca peserta didik kelas IIIB di Minu Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoiru Ummah_D07218014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya minat membaca peserta didik kelas III - B yang masih rendah. Namun untuk mengatasi hal tersebut, MINU Ngingas telah menerapkan program sudut baca kurang lebih selama 5 tahun. Sudut baca merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan oleh madrasah untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat membaca peserta didik, sehingga hal tersebut dapat menarik peneliti untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh sudut baca minat membaca peserta didik. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian yakni: (1) Bagaimana penerapan sudut baca di Kelas III - B MINU Ngingas Waru Sidoarjo? (2) Bagaimana minat membaca peserta didik kelas III – B di MINU Ngingas Waru Sidoarjo? (3) Adakah pengaruh sudut baca terhadap minat membaca pada peserta didik kelas III - B di MINU Ngingas Waru Sidoarjo?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian non experimental yaitu penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas III -B dengan jumlah 35 peserta didik, sedangkan untuk pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability sampling yakni sampling jenuh sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian keseluruhan populasi yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yakni kuisioner (angket), observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni : (1) Analisis Deskriptif, (2) Uji Normalitas (kolmogrov-sminov), (3) Uji Linearitas dan (4) Uji Hipotesis (Regresi Linear Sederhana dan Koefisien Determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan sudut baca di Kelas III – B MINU Ngingas Waru Sidoarjo sudah berjalan dengan cukup baik, hal ini terlihat dari kegiatan peserta didik dalam memanfaatkan buku yang ada di sudut baca dengan memperoleh hasil persentase sebesar 44% dengan frekuensi 157 dari hasil responden peserta didik. (2) Tingkat minat membaca peserta didik Kelas III – B di MINU Ngingas Waru Sidoarjo termasuk kategori cukup baik dengan frekuensi 180 yang memperoleh hasil persentase sebesar 51% dari hasil responden peserta didik. (3) Terdapat pengaruh antara penerapan sudut baca terhadap minat membaca peserta didik. Hal tersebut diketahui melalui uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana yang menunjukkan bahwa nilai Sig 0,02 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Besarnya persentase pengaruh antara sudut baca terhadap minat membaca ini ditunjukkan oleh hasil nilai Adjusted R square sebesar 0,154 atau jika dipersentasekan sebesar 15,4% sedangkan sisanya sebesar 84,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Maka kesimpulannya yakni terdapat pengaruh sudut baca terhadap minat membaca peserta didik kelas III – B di MINU Ngingas Waru Sidoarjo sebesar 15,4%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Khoirukhoiruumma18@gmail.comD07218014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Minat Siswa
Perpustakaan
Anak > Kepribadian
Keywords: Sudut baca; minat membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khoiru Ummah
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:38
Last Modified: 16 Sep 2022 08:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54473

Actions (login required)

View Item View Item