Religiusitas penganut Tarekat Naqshabandiyah mantan residivis di Komunitas King Rampas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Effendi, Mahsus (2022) Religiusitas penganut Tarekat Naqshabandiyah mantan residivis di Komunitas King Rampas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahsus Effendi_E97218075 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji mengenai sebuah perilaku sosial keagamaan yang terdapat dalam sebuah komunitas tarekat yang bernama King Rampas. Dalam penelitian ini dirumuskan problem akademik sebagai berikut : 1) Bagaimana religiusitas mantan residivis di komunitas King Rampas. 2) Bagaimana bentuk metode amaliah tarekat Naqshabandi>yah yang ada dalam komunitas King Rampas. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengungkap aspek religiusitas mantan residivis yang telah bergabung dalam komunitas ini. Dan metode dalam penelitian ini yakni menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, ditemukan fakta bahwa mantan residivis di dalam King Rampas memiliki latar belakang pidana yang tidak sejenis, setiap mantan residivis tidak selalu memiliki kemiripan kasus yang pernah mereka alami. Aspek religius mantan residivis berada di level normal secara peribadatan sehari-sehari, tapi terdegradasi secara penghayatan ajaran agama. Anggota di dalam King Rampas didominasi oleh pemuda, dimana memang target mereka adalah menyelamatkan generasi masyarakat selanjutnya. Kedua, komunitas King Rampas mengikuti amalan ibadah yang diberikan oleh ketua komunitas mereka atau guru spiritual yang memimpin perkumpulan ini. Peneliti juga menemukan di lapangan, setiap murid atau anggota komunitas dapat diberikan amalan khusus sesuai kebutuhan apabila dikira amalan yang dibaca bersama tidak cukup. Dan temuan lainnya, tidak ada penanganan atau upaya tertentu dalam komunitas ini untuk merubah perilaku atau sikap anggota yang notabene mantan residivis. Semua kegiatan rutin komunitas memang murni merupakan ritual keagamaan yang diambil dari ajaran tarekat Naqshabandiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Effendi, Mahsusmahsuseffendi@yahoo.comE97218075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIED2027096201
Subjects: Tasawuf
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Religiusitas; tarekat; Naqshabandiyah; residivis; King Rampas
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Mahsus Effendi
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:17
Last Modified: 10 Oct 2022 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54526

Actions (login required)

View Item View Item