Analisis Hukum Islam Dan Fatwa DSN MUI No. 112/DSN-MUI/IX/2017 Terhadap Penyewaan Traktor Di Desa Tagungguh Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Fatimah (2022) Analisis Hukum Islam Dan Fatwa DSN MUI No. 112/DSN-MUI/IX/2017 Terhadap Penyewaan Traktor Di Desa Tagungguh Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimah_C72218061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk mengumpulkan informasi dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis, yakni memaparkan teori hukum Islam dan Fatwa DSN-MUI No. 112/DSN-MUI/IX/2017 untuk mengetahui status hukum dari praktik penyewaan traktor di Desa Tagungguh Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik penyewaan traktor di Desa Tagungguh dilaksanakan seperti sewa-menyewa pada umunya. Cara penyewaan traktor cukup datang kerumah pemilik dan melakukan akad secara lisan serta disepakati pembayaran upah diakhir secara tunai setelah sawah selesai dikerjakan Namun, masih terdapat beberapa penyewa tidak memenuhi kesepakatan awal untuk membayar upah secara tunai dan mengambil keputusan secara sepihak untuk menyicil atau menangguhkan, hal ini tentu merugikan pihak peyewa. Praktik penyewaan tarktor di Desa Tagungguh sah menurut hukum Islam namun, masih terdapat kecacatan pada bagian upah. Dalam Fatwa DSN-MUI No. 112/DSN-MUI/IX/2017 praktik penyewaan ini melanggar ketentuan mengenai mu’jir yang harus memiliki kemampuan untuk membayar ujrah dan ketentuan ujrah yang dibayarkan sesuai kesepakatan. Berlandaskan pemaparan di atas penulis memberikan saran kepada penyewa traktor untuk memenuhi kewajibannya dan jujur mengenai kemampuannya untuk membayar upah karena pada dasarnya penyewaan ini untuk saling tolong menolong dan hendaklah memahami situasi dan kondisi yang ada. Untuk pemilik traktor bersikaplah lebih tegas dan membuat beberapa sistem pembayaran upah yang disesuaikan dengan kemampuan penyewa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, FatimahC72218061@uinsby.ac.idC72218061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com2021017603
Subjects: Hukum Islam
Sewa
Keywords: Sewa menyewa; Ijarah; Penyewaan Traktor.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Fatimah fatim
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:53
Last Modified: 12 Oct 2022 01:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54532

Actions (login required)

View Item View Item