Analisis Hukum Islam dan Fatwa DSN Mui Nomor 10/Dsn-Mui/Iv/2000 terhadap jual beli sistem Reseller Dropship Skincare Ms Glow Di ren_beauty

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ikhsanti, Hananda Fitra (2022) Analisis Hukum Islam dan Fatwa DSN Mui Nomor 10/Dsn-Mui/Iv/2000 terhadap jual beli sistem Reseller Dropship Skincare Ms Glow Di ren_beauty. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hananda Fitra Ikhsanti_C92218134.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam pengumpulan data yang ada, metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah field research dengan melakukan wawancara dari sejumlah narasumber yang menjadi pihak-pihak yang terkait serta pengumpulan dokumentasi yang kemudian data dipaparkan dan dianalisis menggunakan metode analisis dekriptif kualitatif, yaitu tentang mekanisme jual beli sistem reseller dropship skincare ms glow di ren_beauty. Selanjutnya output dari penelitian ini adalah analisis yang diuraikan dengan berdasarkan pada hukum Islam.Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Mekanisme jual beli sistem reseller dropship skincare ms glow yang ada di ren_beauty, terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh reseller dan pemilik ren_beauty selaku supplier yaitu menjual produk di bawah harga ketentuan pusat ms glow dan menjual produk yang mengalami kerusakan atau cacat. Tindakan yang telah dilakukan adalah melanggar peraturan yang telah dibuat ms glow dan akan berakibat mendapatkan sanksi berupa black list yang berarti tidak diperbolehkan membeli atau menjual produk ms glow. (2) Menurut hukum Islam praktik jual beli ini diperbolehkan jika melakukan kesepakatan dengan akad wakālah yaitu reseller dropship memposisikan diri sebagai wakil dan supplier memposisikan sebagai muwakkil. Melihat adanya banyak peluang dalam usaha ini praktik jual beli yang menggunakan sistem dropship dapat diharapkan setiap pihak yang menjalaninya untuk tetap memenuhi rukun dan syarat yang ada dalam akad wakālah.Dalam kesimpulan diatas, maka pihak yang berkaitan disarankan; pertama, Reseller dropship di ren_beauty dalam melakukan jual beli harus tetap menerapkan rukun dan syarat wakālah yang sesuai. Reseller dropship juga harus amanah dan mengutamakan kepuasan pembeli. Salah satunya, jika reseller dropship tidak menjual produk yang rusak atau cacat kepada pembeli meskipun hal tersebut dapat mendapatkan keuntungan yang banyak namun harus tetap mengutamakan keselamatan dan kepuasan pembeli. Kedua, jika pembeli ingin melakuakan jual beli harus bersikap selektif dalam jual beli ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ikhsanti, Hananda Fitrahanandafitra20@gmail.comC92218134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafaah, Suqiyahsuqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: hukum Islam; jual beli; wakalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hananda Fitra Ikhsanti
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:14
Last Modified: 17 Oct 2022 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54544

Actions (login required)

View Item View Item