Sikap toleransi kebergamaan penganut Salafi Desa Srowo Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyafaq, Moh Adif (2022) Sikap toleransi kebergamaan penganut Salafi Desa Srowo Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Adif Musyafaq_E91216037.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai sikap toleransi keagamaan pada kelompok Salafi di Desa Srowo. Dalam sebuah masyarakat tentunya terdapat beberapa perbedaan kelompok budaya, ras, dan agama. Pada kasus ini, peneliti menitikfokuskan pada perbedaan antar kelompok agama yang terdapat di Desa Srowo Kabupaten Gresik yang masyarakatnya mayoritas menganut NU dan Muhammadiyah, yang secara tidak langsung kelompok Salafi di desa Srowo merupakan sebuah kelompok minoritas. Toleransi pada penelitian ini mengacu pada toleransi sesama Muslim yang berbeda kelompok. Pada penelitian ini, peneliti menemukan sikap toleransi keberagamaan penganut Salafi di Desa Srowo yakni saling saling menghargai dan tenggang rasa dalam keberlangsungan hidup warga Desa Srowo yang memiliki beberapa aliran berbeda dalam lingkungan yang sama. Selanjutnya, ada tiga faktor pendorong penganut Salafi dalam menyikapi toleransi dalam teori Tindakan Sosial Max Weber yakni, Teori Rasional Nilai (Werk Rational), Teori Tindakan Tradisional (Traditional Action), dan Teori Tindakan Rasional Instrumental (Zwerk Rational).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyafaq, Moh Adifadifmusyafaq23@gmail.comE91216037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: keberagamaan dan toleransi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: M. Adif Musyafaq
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:26
Last Modified: 19 Oct 2022 05:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54567

Actions (login required)

View Item View Item