Implementasi pelayanan sertifikasi guru melalui Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (simpatika) di Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andriyanti, Renika Mila (2022) Implementasi pelayanan sertifikasi guru melalui Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (simpatika) di Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Renika Mila Andriyanti_D73218066 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari kebijakan pemerintah yang merealialisasikan pengelolaan sertifikasi oleh lembaga yang ditunjuk dalam memberikan pelayanan sertifikasi guru melalui SIMPATIKA. Pelayanan ini dilakukan untuk, mensejahterakan pendidik, meningkatkan profesionalisme, meningkatkan mutu pendidikan nasional dan mensejahterakan pendidik dibuktikan dengan pencairan tunjangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai (1) implementasi pelayanan sertifikasi guru di seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo (2) SIMPATIKA di Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo (3) implementasi pelayanan sertifikasi guru melalui SIMPATIKA di seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, admin SIMPATIKA, admin Pendidikan Madrasah, dan operator Madrasah. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa pelayanan sertifikasi guru sudah terprogram, karena dalam hal ini seluruh pelayanan telah menggunakan sistem yaitu SIMPATIKA. Keseluruhan data guru yang sudah memenuhi dan terdaftar pada SIMPATIKA akan otomatis terdata pada guru yang mengikuti sertifikasi yang selanjutnya guru harus mengikuti PPG dengan ketentuan apabila memenuhi kualifikasi kelulusan maka tunjangan dapat dicairkan sesuai dengan golongan jabatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andriyanti, Renika Milarenikama25@gmail.comD73218066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorNuril Huda, Muhammadnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Administrasi
Keywords: Sertifikasi guru; SIMPATIKA; mutu pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Renika Mila Andriyanti
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:48
Last Modified: 08 Sep 2022 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54571

Actions (login required)

View Item View Item