Pembelajaran Sains pada kegiatan cooking class anak kelompok A di RA Al-Qodir Wage Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indah, Shofiya Kurnia (2022) Pembelajaran Sains pada kegiatan cooking class anak kelompok A di RA Al-Qodir Wage Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofiya Kurnia Indah_D99218072.PDF

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengenalan pembelajaran sains pada anak usia dini sebagai upaya untuk menumbuhkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis yang akan bermanfaat bagi kesiapan anak menjadi generasi berkualitas untuk menghadapi perannya yang lebih luas dan kompleks pada masa yang akan datang. Salah satu kegiatan yang dapat membawa dan melibatkan anak didik secara aktif ke dalam proses pembelajaran sains adalah dengan melakukan kegiatan cooking class. Dengan kegiatan ini anak dapat menemukan hal-hal menarik dan melakukan berbagai percobaan serta membuat penemuan baru bagi diri mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana pengelolaan kegiatan cooking class anak kelompok A di RA Al-Qodir, (2) mengetahui apa fokus kegiatan cooking class anak kelompok A di RA Al-Qodir dan (3) mengetahui bagaimana respon anak kelompok A terhadap kegiatan cooking class di RA Al-Qodir. Jenis metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul proses yang selanjutnya adalah proses analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa pengelolaan kegiatan cooking class ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Kegiatan cooking class ini telah disampaikan sebelumnya kepada wali murid pada saat rapat sehingga wali murid juga mengerti kegiatan, tujuan dan bagaimana pelaksanaannya. Fokus kegiatan cooking class anak kelompok A di RA Al-Qodir ini lebih difokuskan pada proses daripada produk. Karena dengan proses anak akan belajar banyak dan bereksplorasi terhadap lingkungannya. Respon siswa kelompok A terhadap kegiatan cooking class di RA Al-Qodir juga cukup beragam. Beberapa respon yang didapatkan saat kegiatan cooking class antara lain siswa dapat menjawab pertanyaan dari guru, siswa dapat melakukan kegiatan cooking class dan siswa juga dapat menjelaskan langkah-langkah kegiatan cooking class yang telah dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indah, Shofiya Kurniashofiyakurniaindah@gmail.comD99218072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanir.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan
Keywords: Pembelajaran sains; Cooking Class
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Shofiya Kurnia Indah
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:22
Last Modified: 12 Oct 2022 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54577

Actions (login required)

View Item View Item