Strategi madrasah dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di MIN 2 Mojokerto tahun ajaran 2021/2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Shela Putri Nur (2022) Strategi madrasah dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di MIN 2 Mojokerto tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shela Putri Nur Jannah_D07218025 ok.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan yang semakin ketat pada bidang non akademik sehingga menjadikan lembaga pendidikan harus berusaha untuk mengupayakan pembinaan kegiatan non akademik secara baik dan lebih bermutu. Bagaimana sekolah mengelola dan mampu mengantarkan siswanya menjadi siswa yang berprestasi. Namun saat pandemi covid-19 kegiatan pembinaan sebagai peningkatan prestasi non akademik sementara diberhentikan. Di tahun ajaran 2021/2022, pembelajaran di madrasah sudah mulai diberlakukan kembali dan terjadi peningkatan prestasi non akademik secara signifikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi madrasah dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa yang meningkat tersebut. Tujuan dari penelitian ini : 1) Mengidentifikasi prestasi non akademik siswa di MIN 2 Mojokerto tahun ajaran 2021/2022 2) Mengidentifikasi strategi madrasah dalam meningkatan prestasi non akademik siswa di MIN 2 Mojokerto tahun ajaran 2021/2022 3) Mengidentifikasi sarana prasarana madrasah sebagai pendukung peningkatan prestasi non akademik siswa di MIN 2 Mojokerto tahun ajaran 2021/2022.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desain studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Prestasi siswa MIN 2 Mojokerto di bidang non akademik pada tahun ajaran 2021/2022 terpantau baik. Pencapaian prestasi non akademik dari juara harapan hingga juara umum telah diraih siswa baik di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi maupun nasional. Prestasi tersebut yaitu pada bidang agama, olahraga, dan seni 2) Strategi dalam meningkatkan prestasi non akademik yang diterapkan oleh MIN 2 Mojokerto yaitu dengan melakukan pembinaan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi 3) Terdapat sarana dan prasarana sebagai pendukung kegiatan ekstrakurikuler sebagai peningkatan prestasi non akademik siswa. Namun juga terdapat beberapa sarana prasarana yang belum tersedia. Jika kegiatan ekstrakurikuler sebagai pembinaan lomba bersifat sementara, pihak madrasah meminta bantuan sarana dan prasarana dari pihak lain agar selama pembinaan pada kegiatan ekstrakurikuler dapat berjalan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Shela Putri Nurshelaputri278@gmail.comD07218025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaleh, Chairatichairatisaleh@uinsby.ac.id197304112001122002
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com197001022005011005
Subjects: Pendidikan
Keywords: Strategi madrasah; prestasi non akademik; ekstrakurikuler
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shela Putri Nur Jannah
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:18
Last Modified: 07 Sep 2022 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54599

Actions (login required)

View Item View Item