Perancangan pusat rehabilitasi gangguan jiwa Skizofrenia dengan pendekatan arsitektur Therapeutic di Kabupaten Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariyanti, Ajeng Eka (2022) Perancangan pusat rehabilitasi gangguan jiwa Skizofrenia dengan pendekatan arsitektur Therapeutic di Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ajeng Eka Ariyanti_H03218005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Beberapa isu kesehatan jiwa akhir-akhir ini menjadi suatu hal yang perlu menjadi prioritas sama halnya dengan kesehatan non kejiwaan lainnya. Salah satu jenis gangguan jiwa yang sering dijumpai dan paling sering ditangani di beberapa Rumah Sakit Jiwa adalah Skizofrenia. Skizofrenia merupakan gangguan jiwa yang terjadi dalam jangka panjang yang menyebabkan penderitanya mengalami halusinasi, delusi atau waham. Banyak sebagian dari penderita Skizofrenia belum mendapatkan pelayanan kesehatan jiwa. Tercatat pelayanannya masih rendah yakni masih dibawah 60% pada Kabupaten Malang serta sering mendapatkan perlakuan yang tidak baik dilingkungan masyarakat akibat stigma hingga pemasungan serta membawa penderita ke rumah sakit menjadikan ketakutan tersendiri bagi penderita yang merasa ditelantarkan, bangunan yang memiliki suasana seperti penjara,gelap sehingga membuat sangat tidak nyaman ketika berada disana. Pada Perancangan ini menggunakan pendekatan Arsitektur Therapeutic dengan konsep “Neighborhood”. Sehingga hasil desainnya dapat menghadirkan suasana layaknya dilingkungan rumah yang ramah, mudah dalam berinteraksi dan tetap memiliki privacy untuk kenyamanan masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariyanti, Ajeng Ekah03218005@uinsby.ac.idH03218005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyari'ah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Arsitektur
Psikoterapi
Rehabilitasi
Keywords: Kesehatan Jiwa; Skizofrenia; Pelayanan; Stigma; Pemasungan; Aritektur Therapeutic; Konsep Neighborhood
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Ajeng Eka Ariyanti
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:45
Last Modified: 13 Oct 2022 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54604

Actions (login required)

View Item View Item