Perancangan pusat industri musik SM entertainment Indonesia di kota Surabaya dengan pendekatan ekspresionisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrianti, Vira Arita (2022) Perancangan pusat industri musik SM entertainment Indonesia di kota Surabaya dengan pendekatan ekspresionisme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vira Arita Febrianti_H93218071.pdf

Download (5MB)

Abstract

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang gencar memanfaatkan industri kreatif dalam meningkatkan perekonomian dimana Indonesia adalah salah satu pasar terbesarnya. Hal ini menjadi peluang untuk melancarkan kerja sama antar negara. SM Entertaiment yang merupakan perusahaan besar agensi manajemen hiburan Korea Selatan telah bekerja sama dengan perusahaan media Indonesia, Transmedia Corpora dalam mengembangkan talenta lokal dan konten berkualitas internasional. SM Entertainment memiliki visi yaitu dengan menghadirkan konten story telling dan karakter serta cerita yang menarik yang disebut SM Culture Universe (SMCU). Pada perancangan ini menggunakan pendekatan arsitektur eskpresionisme sebagai solusi desain untuk memenuhi visi dan misi serta mengangkat karakter visual SM Entertainment. Dalam menerapkan nilai-nilai arsitektur ekspresionisme, maka konsep dibuat dengan membuat sebuah imajinasi menciptakan dunia fantasi baru yang bernama “Kwangta Land”. Nama ini berasal dari kata “Kwangyaa” yaitu semesta imajinasi dari SM Entertainment yang selalu hadir di setiap movie video yang diunggahnya. Untuk memenuhi konsep imajinatif tersebut didapat tagline “Universe of Imaginary” yang berarti semesta yang penuh dengan imajinasi. Kwangta Land ini menggambarkan semesta yang memiliki ilmu teknologi yang sangat maju yang mampu memberikan kesejahteraan dan hiburan baik bagi wisatawan, artis maupun staff. Untuk itu, pracangan dengan menerapkan prinsip ekspresionisme serta kosep universe of imaginary yang mempertimbangkan karakter perusahaan ini menjadikan perancangan Pusat Industri Musik SM Entertainment Indonesia semakin ekspresif dimana desain pada tapak, bangunan maupun ruangnya memiliki detail ekspresi tersendiri yang mewakili karakter perusahaan SM Entertanment untuk diekspresikan ke setiap pengguna ruang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrianti, Vira Aritaviraarita@gmail.comH93218071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyamegaayundya@uinsby.ac.id2010038701
Subjects: Arsitektur
Industri Kecil
Keywords: Pusat industri; musik SM entertainment Indonesia; pendekatan ekspresionisme
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Vira Febrianti
Date Deposited: 23 Sep 2022 06:39
Last Modified: 23 Sep 2022 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54615

Actions (login required)

View Item View Item