Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Meningkatkan Citra Madrasah: studi multi situs di MTs Negeri 6 Kediri dan MTs Negeri 7 Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslimah, Ismi Rohmattul (2022) Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Meningkatkan Citra Madrasah: studi multi situs di MTs Negeri 6 Kediri dan MTs Negeri 7 Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismi Rohmattul Muslimah_D93218088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka humas, Pembina program, wali murid dan peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model Miles dan Huberman dalam melakukan analisis dan interpretasi data, serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. hasil penelitian ini di peroleh bahwa, (1) Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di MTs Negeri 6 Kediri merupakan suatu kegiatan yang diterapkan melalui ekstrakurikuler pramuka. Sedangkan di MTs Negeri 7 Kediri dalam program penguatan pendidikan karakter (PPK) merupakan kegiatan yang diterapkan melalui program Wasathiyyah atau moderasi beragama. Akan tetapi dalam penerapan program PPK, MTs Negeri 6 Kediri dan MTs Negeri 7 Kediri sama-sama berbasis budaya madrasah. Sedangkan dalam pengintegrasian PPK di MTs Negeri 6 Kediri bisa dilakukan dengan kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan di MTs Negeri 7 Kediri dilakukan dengan pembiasaan dan penerapan setiap hari. (2) Peningkatan citra madrasah di MTs Negeri 6 Kediri di terapkan dengan cara bekerja sama dengan wali murid dan membangun internal. Sedangkan di MTs Negeri 7 Kediri peningkatan citra diterapkan dengan cara mengikuti perlombaan dan menampilkan slogan-slogan yang menarik perhatian masyarakat. Tetapi kedua sekolah tersebut juga sama-sama menginformasikan kegiatan madrasah melalui media sosial, media cetak dan visi-misi madrasah. (3) Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam meningkatkan citra madrasah di MTs Negeri 6 Kediri dengan adanya peran semua pihak termasuk peserta didik akan mampu menghubungkan antara program yang diterapkan di madrasah dengan peningkatan citra madrasah. Sedangkan di MTs Negeri 7 Kediri dengan adanya program yang luwes dan program unggulan termasuk program PPK maka peningkatan citra madrasah menjadi baik. Dengan memperbaiki dan meningkatkan hal-hal yang kurang, serta memiliki target jelas yang telah membawa MTs Negeri 6 Kediri dan MTs Negeri 7 Kediri menjadi madrasah yang unggul idaman masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslimah, Ismi RohmattulIsmi.rohmattul25@gmail.comD93218088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Program; penguatan pendidikan karakter; citra madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ismi Rohmattul Muslimah
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:34
Last Modified: 13 Oct 2022 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54622

Actions (login required)

View Item View Item