Pengelolaan Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW) berbasis pesantren dan masyarakat dalam meningkatkan mutu madrasah: studi multisitus di MDTW Al Ma'aba dan MDTW Al Khodijah Kecamatan Jatirejo Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusdiana, Rusdiana (2022) Pengelolaan Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW) berbasis pesantren dan masyarakat dalam meningkatkan mutu madrasah: studi multisitus di MDTW Al Ma'aba dan MDTW Al Khodijah Kecamatan Jatirejo Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rusdiana_D93218104.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari Kepala Pondok Pesantren, Kepala MDTW, Waka Kesantrian, Tenaga Pendidik dan Santri . Peneliti melakukan analisis dan interpretasi data serta menguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Pengelolaan santri di MDTW Al Ma’aba berbasis pesantren maupun MDTW Al Khodijah berbasis masyarakat telah melakukan pelayanan dan pola pengasuhan yang optimal sesuai dengan teori Dubrin, (2) Upaya peningkatan mutu di MDTW Al Ma’aba dengan melakukan strategi peningkatan mutu dengan melalui kegiatan Bhatsul Masail dan MQ (Musyawarah Qubro) sedangkan di MDTW Al Khodijah dengan melalui kegiatan kurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. (3) Pengelolaan santri MDTW berbasis pesantren dan masyarakat dalam meningkatkan mutu di MDTW Al Ma’aba dengan melakukan pelayanan berdasarkan fungsi manajemen sedangkan di MDTW Al Khodijah memfokuskan pada pelayanan terbaik para santri dengan melibatkan aspirasi masyarakat. Selain itu, pengelolaan santri antara MDTW Berbasis Pesantren dan Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah dengan mewawancarai informan yang dilihat dari aspek pengelolaan santri, kegiatan kurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler, pola pengasuhan santri, upaya peningkatan mutu lembaga, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam peningkatan mutu MDTW. Peningkatan mutu dapat menjadikan agenda utama yang harus dilakukan dan dicapai dalam suatu institusi pendidikan dikarenakan era zaman sekarang merupakan era pertarungan mutu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusdiana, Rusdianarusdianamia22@gmail.comD93218104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam
Santri
Keywords: MDTW; Pengelolaan Santri; Mutu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rusdiana Rusdiana
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:49
Last Modified: 13 Oct 2022 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54626

Actions (login required)

View Item View Item