Sistem Informasi Manajemen Barang Sekolah (SIMBAS) dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan : studi multisitus di SMP Negeri 13 Surabaya dan SMP Negeri 39 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Mellyana Eka (2022) Sistem Informasi Manajemen Barang Sekolah (SIMBAS) dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan : studi multisitus di SMP Negeri 13 Surabaya dan SMP Negeri 39 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mellyana Eka Fitriani_D93218090.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai Sistem Informasi manajemen Barang Sekolah (SIMBAS) di SMP Negeri 13 Surabaya dan SMP Negeri 39 Surabaya , pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri 13 Surabaya dan SMP Negeri 39 Surabaya, dan Sistem Informasi manajemen Barang Sekolah (SIMBAS) dalam pengelolaan sarana dan Prasarana pendidikan di SMP Negeri 13 Surabaya dan SMP Negeri 39 Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi Multisitus. Subjek penelitian ini adalah admin SIMBAS Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Kepala sekolah, Waka sarana dan Prasarana, Operator SIMBAS sekolah, Bendahara sekolah, tata usaha sekolah. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model Miles dan Huberman dalam analisis data dan menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data. Dari temuan penelitian dan pembahasan, dapat dideskripsikan (1) Sistem Informasi Manajemen Barang Sekolah (SIMBAS) di SMP Negeri 13 Surabaya dan SMP Negeri 39 Surabaya berjalan sesuai tujuan pengembangan SIMBAS oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya yaitu memenuhi tertib administrasi pencatatan barang berupa peralatan dan mesin yang dimiliki sekolahdan SIMBAS sesuai dengan kesuksesan adanya penerapan sistem informasi. Meskipun masih ditemui beberapa hambatan dalam proses pengoperasian.(2) Pengelolaan Sarana dan Prasarana di SMP Negeri 13 Surabaya dan SMP Negeri 39 Surabaya pelaksanaannya sesuai dengan kegiatan dalam manajemen sarana prasarana. Pada proses pencatatan terdapat hal yang berbeda antara SMP Negeri 13 Surabaya dan SMP Negeri 39 Surabaya, yaitu SMP Negeri 13 Surabaya menggunakan keterangan tambahan lokasi ruang di bawah nomor register barang. (3) Sistem Informasi Manajemen Barang Sekolah (SIMBAS) dalam pengelolaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 13 Surabaya dan SMP Negeri 39 Surabaya telah berjalan dengan baik. Dengan beberapa manfaat yang dirasakan oleh pengelola barang sekolah yaitu waka sarana dan prasarana mengenai adanya sistem informasi ini dalam membantu beberapa kegiatan dalam pengelolaan sarana prasarana meskipun penerapan SIMBAS tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Mellyana Ekamellyanaeka148@gmail.comD93218090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com/samsulmaarif@uinsbya.ac.id2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Manajemen Informasi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: SIMBAS; Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mellyana Eka Fitriani
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:00
Last Modified: 13 Oct 2022 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54636

Actions (login required)

View Item View Item