Pengelolaan program magang berkarya dalam membentuk kreativitas siswa: studi multi situs di MA Al-Musthofa Mojokerto dan MAN 2 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Umi Fitriyatri (2022) Pengelolaan program magang berkarya dalam membentuk kreativitas siswa: studi multi situs di MA Al-Musthofa Mojokerto dan MAN 2 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Fitriyatri Wulandari_D93218109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan program magang berkarya, pembentukan kreativitas siswa, pengelolaan program magang berkarya dalam membentuk kreativitas siswa, dan faktor pendukung dan penghambat pengelolaan program magang berkarya dalam membentuk kreativitas siswa. Penelitian ini berlokasi di Madrasah Aliyah Al-Musthofa Mojokerto dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Mojokerto. penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya terletak pada teori dan hasilnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan program magang di MA Al-Musthofa Mojokerto dan MAN 2 Mojokerto pada setiap kegiatannya telah memenuhi prosedur yang telah ditentukan. Program magang yang ada di MA Al-Musthofa Mojokerto ada tataboga, TBSM, bengkel atau las, dan multimedia. Sedangkan di MAN 2 Mojokerto terdiri dari 6 program yaitu tata busana, tata boga, kriya batik, animasi, multimedia, DKV (Desain Komunikasi Virtual). Upaya pembentukan kreativitas siswa di MA Al-Musthofa Mojokerto dan MAN 2 Mojokerto yaitu dengan adanya kegiatan ektrakulikuler, keterampilan, dan magang. Pengelolaan program magang berkarya dalam membentuk kreativitas siswa dimulai dengan dilakukannya perencanaan sampai pada penilaian dari kegiatan magang yang memberikan keterampilan pada siswa dan penguasaan ilmu lainnya dalam membentuk kreativitas pada diri siswa. Faktor yang mendukung disini adalah guru yang dirasa mampu mengelola kegiatan magang, sambutan baik yang diberikan oleh pihak yang bekerja sama dengan pihak madrasah, para guru, siswa dan wali murid. Untuk faktor penghambatnya adalah rasa bosan yang tiba-tiba timbul pada diri siswa, biaya yang dibutuhkan, dan kurangnya rasa ingin tahu siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Umi Fitriyatriumifitriyatriii@gmail.comD93218109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam--2012085201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Manajemen
Magang
Pengajaran
Keywords: Pengelolaan; Program Magang; Kreativitas Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Umi fitriyatri Wulandari
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:54
Last Modified: 13 Oct 2022 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54640

Actions (login required)

View Item View Item