Partisipasi masyarakat dalam pengembangan program literasi digital di SMA Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmaniyah, Ainur (2022) Partisipasi masyarakat dalam pengembangan program literasi digital di SMA Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainur Rohmaniyah_D03218005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya revolusi industri 4.0 di mana seluruh kegiatan sekolah terintegrasi melalui penggunaan aplikasi online dan big data secara keseluruhan yang lebih efektif dan efisien dalam satu sistem. Sehingga seluruh elemen di SMA Khadijah turut berpartisipasi dalam kegiatan sekolah yang berbasis teknologi digital. Untuk menunjang pencapaian tersebut, SMA Khadijah menggandeng masyarakat sekitar dalam pemberian wawasan serta informasi yang mendukung kemajuan pendidikan atau untuk memotivasi siswa yang dimana penyampaiannya dengan cara memanfaatkan media digitalisasi yang masuk dalam kegiatan sekolah. Adapun penelitian ini berfokus pada beberapa hal yang Pertama, Bagaimana pengembangan program literasi digital di SMA Khadijah surabaya?, Kedua, Bagaimana partisipasi masyarakat dalam pengembangan program literasi digital di SMA Khadijah surabaya?. Ketiga, apa saja faktor pendukung partisipasi masyarakat dalam pengembangan program literasi digital di SMA Khadijah surabaya?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang didapatkan bersumber dari data primer dan data sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara serta dokumentasi, adapun data yang didapatkan akan diuji keabsahannya dengan triangulasi dan dianalisis dengan tektik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan literasi digital di SMA Khadijah Surabaya yakni dengan cara membentuk komunitas digital sekolah yang memiliki peran dalam menuangkan ide, gagasan serta kreatifitas dalam mempublikasikan kegiatan sekolah. Serta membentuk devisi UPM yang berperan dalam pemacu kemajuan sekolah dengan cara menjaring, menampung dan mengimplementasikan hasil analisis saran, kritik serta opini intren dan publik demi kelancaran serta efisiensi sistem pembelajaran di SMA Khadijah. Adapun partisipasi masyarakat dalam pengembangan program literasi digital di SMA Khadiijah yakni dengan cara menggandeng para profesional dibidangnya seperti alumni, wali siswa, tokoh masyarakat serta tokoh-tokoh yang lain sesuai dengan kebutuhan sekolah. Sehingga dengan adanya komponen penting tersebut, maka SMA Khadijah membangun sistem jaringan intranet dan internet yang online 24 jam dan ruang-ruang yang membantu dalam pembuatan serta pemberdayaan konten digital yang dibutuhkan dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah digital yang efisien dan terpadu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmaniyah, Ainurainurrohmaniyah17@gmail.comD03218005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Manajemen Perkantoran
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Literasi Digital; Pasrtisipasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ainur Rohmaniyah
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:39
Last Modified: 13 Oct 2022 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54644

Actions (login required)

View Item View Item